Kompas.com - 18/06/2018, 15:15 WIB
Ilustrasi jerawat pasir ThamKCIlustrasi jerawat pasir
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebutan jerawat pasir umum digunakan pada jerawat yang muncul secara berbarengan dengan jumlah yang banyak (mirip seperti pasir). Hal ini tentu sangat mengganggu penampilan dan bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Lantas, bagaimana cara mengatasi jerawat pasir agar wajah kembali bersih seperti sedia kala?

Jerawat pasir sebenarnya sama dengan jerawat biasa, tapi berukuran kecil yang biasanya berisi nanah atau lemak serta kotoran, dan datang secara bergerombol. Jika jerawat sudah meradang, biasanya akan berwarna kemerahan.

Kebanyakan orang mengalami jerawat ini dibagian pipi atau dahi. Hal ini dikarenakan dahi termasuk dalam zona T, yakni bagian di wajah yang produksi minyaknya jauh lebih besar dibandingkan bagian lainnya.

Selain itu, dahi juga biasanya menjadi bagian wajah yang sering terpapar minyak dari berbagai produk perawatan rambut. Kombinasi inilah yang membuat dahi menjadi tempat favorit jerawat pasir untuk tumbuh, terutama di atas alis dan tepat di bawah garis rambut.

Baca juga: Ciri-Ciri Jerawat Terinfeksi, Plus Cara Mengatasinya

Stres menjadi salah satu faktor utama munculnya jenis jerawat yang satu ini. Selain itu, perubahan hormon yang signifikan seperti saat menstruasi, kehamilan, dan menopause juga berkontribusi besar dalam kemunculan jerawat pasir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengatasi jerawat pasir berdasarkan jenis jerawat penyebabnya

Jerawat pasir pada dasarnya sama dengan jerawat biasa, berikut beberapa jenis jerawat yang umum muncul sebagai jerawat pasir, yaitu:

1. Whiteheads (komedo putih)

Kumpulan komedo putih yang datang secara berkelompok merupakan jenis paling umum yang biasanya sering disebut jerawat pasir.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.