Manfaat Kedelai untuk Mengendalikan Berat Badan

Kompas.com - 19/07/2018, 07:07 WIB
Ilustrasi produk kedelainaito8 Ilustrasi produk kedelai

KOMPAS.com - Bila kamu sedang berusaha menurunkan berat badan atau menjaga berat badan tetap ideal, kedelai bisa jadi salah satu makanan andalan.

Selain enak, makanan super ini mudah ditemukan karena sering dijadikan bahan dasar untuk makanan lain, seperti tempe dan tahu, susu kacang kedelai, bahkan snack dari kedelai.

Tapi, tahukah kamu bahwa manfaat kedelai salah satunya dapat mengendalikan berat badan? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Kedelai sangat populer, terutama di Indonesia, dan sering direkomendasikan sebagai menu makanan untuk mengendalikan berat badan. Baik untuk mencapai berat badan tertentu maupun mempertahankan berat badan yang sehat. Mengapa?

Kedelai kaya akan serat dan protein serta mengandung lemak yang baik bagi kesehatan (lemak tak jenuh). Saat sedang berusaha mengatur kembali berat badan, kedelai yang mengandung tinggi protein dan serat menjadi kunci untuk mengontrol asupan kalori.

Berat badan yang ideal menandakan bahwa asupan kalori sudah terkendali. Namun, kondisi berat badan berlebih, mengharuskan kita membatasi atau mengurangi asupan kalori. Itulah sebabnya kedelai sangat bermanfaat dalam mengendalikan berat badan.

Baca juga: Jangan Takut Konsumsi Kedelai, Berikut Manfaatnya...

Kandungan protein pada kedelai beragam, bergantung pada jenis kedelai dan bagaimana kedelai itu diolah. Namun, pada dasarnya kedelai memang memiliki protein yang tinggi.

Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, kedelai 100 g mengandung protein sebanyak 40,4 g; sedangkan telur yang juga merupakan sumber protein, dalam 100 g mengandung protein 12,4 g.

Protein membutuhkan lebih banyak kalori untuk mencernanya, dibandingkan karbohidrat dan lemak. Sehingga makin tinggi protein pada makanan maka akan lebih banyak kalori yang dibakar. Selain itu, protein pada kedelai juga membuat kenyang lebih lama.

Kedelai bisa mengisi perut dan mencegah cepat lapar

Ilustrasi tahu dan kedelaimargouillatphotos Ilustrasi tahu dan kedelai
Selain protein, serat pada kedelai juga memiliki manfaat yang sama, yaitu mencegah kita dari rasa lapar. Serat pada kedelai mengisi perut dan akan membantu mengontrol kadar gula darah sehingga mencegah terjadinya gangguan pada gula darah yang memicu rasa lapar.

Jika ingin mempertahankan berat badan agar tetap ideal, nutrisi kedelai secara keseluruhan bisa mengurangi asupan kalori dengan menunda rasa lapar. Mengonsumsi makanan dari kedelai di sela makan besar bisa membantu mengurangi porsi makan besar tanpa lapar berlebih.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari kedelai adalah banyaknya kandungan mineral yang penting untuk tubuh, seperti kalsium, kalium, zat besi, folat, dan vitamin C.

Selain itu, terdapat isoflavon yang merupakan antioksidan dan paling banyak ditemukan pada kedelai. Isoflavon dan protein pada kedelai mampu mengurangi kadar kolesterol jahat sehingga dapat mencegah penyakit jantung koroner.

Agar berat badan dapat terkendali, asupan total kalori juga harus diperhatikan, yaitu kurangi makanan yang memiliki kalori tinggi seperti goreng-gorengan atau makanan dengan kadar gula yang tinggi.

Sebagai alternatif pilihan yang lebih sehat, kita bisa memilih kedelai dan diolah dengan cara yang lebih baik namun tetap enak, misalnya dengan ditumis, dipanggang, atau direbus.

Jangan lupa juga berolahraga, tidur yang cukup, dan menghindari stres untuk kendalikan berat badan.



Sumber

Close Ads X