Kompas.com - 25/07/2018, 12:31 WIB
ilustrasi SHUTTERSTOCKilustrasi

KOMPAS.com - Kulit bayi lebih sensitif dibanding orang dewasa. Itu sebabnya perawatan pakaian bayi juga perlu mendapat perhatian untuk mencegah terjadinya iritasi kulit.

Aktris Chelsea Olivia punya pengalaman tidak menyenangkan karena kulit bayinya, Natusha mengalami iritasi akibat deterjen pakaian.

Menurut Chelsea, sebenarnya pakaian Natusha sejak bayi sudah dicuci menggunakan deterjen khusus bayi, namun kulitnya tetap merah-merah.

"Ternyata baju saya yang dicuci dengan deterjen biasa membuatnya iritasi, waktu itu saat Natusha masih saya kasih ASI," kata Chelsea di acara peluncuran kampanye 1000 Hari Perlindungan yang digelar oleh Sleek Baby di Jakarta (23/7).

Ia menambahkan, jika kulit bayi alergi, sebaiknya ibu yang paling sering menggendong bayi pakaiannya juga harus dicuci dengan deterjen yang lembut.

“Selama masih kasih ASI, baju dan bra harus dicuci juga dengan baby laundry detergent,” lanjutnya

Bahan-bahan kimia yang dipakai dalam deterjen biasa kemungkinan terlalu keras untuk kulit bayi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Bila kulit bayi teriritasi, bisa terjadi luka dan terjadi infeksi sekunder. Ini yang kita takutkan,” kata dr. Natia Anjasari Sp.A dalam acara yang sama.

Selain karena deterjen, menurut dr.Natia, kulit bayi juga rentan iritasi karena penggunaan popok yang terlalu lama tanpa diganti.




Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X