Hubungan Jarak Jauh Tak Selalu Berujung Kandas

Kompas.com - 06/08/2018, 11:34 WIB
Ilustrasi hubungan jarak jauh Tijana87Ilustrasi hubungan jarak jauh
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Hubungan jarak jauh alias long distance relationship (LDR) seringkali menjadi alasan perpisahan sepasang kekasih. Namun, LDR tak selalu berujung pada kandasnya hubungan.

Kisah penyanyi Tasya Kamilla dan Randi Bachtiar menjadi contohnya. Tak sedikit yang menjadikan mereka sebagai "relationship goal" karena berhasil menempuh hubungan jarak jauh pada masa pacaran selama enam tahun dan berujung pada pernikahan.

Keduanya menjadi sorotan warganet, apalagi setelah melangsungkan pernikahan pada Minggu, 5 Agustus 2018 kemarin.

Inti dari sebuah hubungan, baik itu LDR maupun bukan, adalah komunikasi. Hanya saja, komunikasi tersebut lebih rumit ketika sepasang kekasih menjalani LDR. Baik hubungan beda kota maupun negara.

Jika kamu termasuk orang yang menjalani LDR, ada beberapa tanda yang bisa menjadi indikasi bahwa jarak tak menjadi halangan bagi kamu dan kekasih.

1. Saling bertanya tentang keseharian

Saat ini teknologi semakin canggih. Komunikasi jarak jauh pun tidak hanya bisa dilakukan lewat teks, namun bisa lewat video.

Jika kamu dan pasangan menjalani LDR bahkan memiliki jadwal yang berbeda, usahakan untuk secara intens menanyakan kegiatan satu sama lain.

Ketika kalian berdua dengan lancar biasa menginformasikan jadwal masing-masing tanpa harus ditanya, tandanya komunikasi berjalan dengan lancar dan jarak tak menjadi hambatan.

Jangan lupa untuk saling memahami keadaan masing-masing seperti ketika mood salah satu pihak tengah dalam kondisi kurang baik. Dalam situasi tersebut, kalian bisa saling menyemangati atau menguatkan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X