Rajin Ikut Bazaar Jadi Kunci Sukses Bisnis I Clothstore

Kompas.com - 30/08/2018, 11:08 WIB
Deka Kurniawan, pendiri I Clothstore. KOMPAS.com/Lusia Kus AnnaDeka Kurniawan, pendiri I Clothstore.

KOMPAS.com - Walau berawal di toko online, merek kemeja pria muda I Clothstore memilih untuk rajin mengikuti bazaar-bazaar offline untuk mengembangkan produknya.

Strategi itu ternyata berhasil. Menurut Deka Kurniawan, pendiri I Clothstore, bisnis yang dirintisnya 3 tahun lalu itu dengan cepat mengembalikan modal.

"Kalau gencar ikut event, akan lebih cepat balik modalnya," kata Deka yang ditemui di sela acara konferensi pers Pekan Raya Indonesia di Jakarta (29/8).

Ketika memulai bisnis pada tahun 2015, Deka mengaku sempat kesulitan memperkenalkan produknya pada masyarakat.

"Tapi setelah saya tahu fitur-fitur iklan di Instagram atau market place, ternyata lebih cepat membantu. Apalagi kita bisa gabung komunitas owner bisnis di market place, banyak edukasi yang didapat dan kesempatan memperluas pasar," kata pria 30 tahun itu.

Ia juga bekerja sama dengan selebgram, youtuber, atau komika, untuk memperkenalkan produk I Clothstore.

Menyasar pasar pria berusia 20-40 tahun, keunikan I Clothstore dibanding merek fashion pria lainnya, menurut Deka, adalah memiliki rentang ukuran yang sangat luas.

"Mulai dari yang S sampai ukuran 10 Xl kami sediakan. Untuk pria-pria sekarang ini memang ukuran badannya besar-besar, nah itu jadi peluang kami," katanya.

Saat ini I Clothstore memang baru memproduksi kemeja pria, namun dalam waktu dekat juga akan diperkenalkan bawahan.

"Variasi kemeja sudah lebih dari 30 jenis, ada yang model batik, polos, motif, dan sekarang yang paling dicari adalah flanel. Mungkin karena olahraga outdoor sedang digemari," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X