Kompas.com - 05/10/2018, 07:02 WIB
Koleksi stroller premium dari Bugaboo. Kompas.com/Iwan SupriyatnaKoleksi stroller premium dari Bugaboo.

KOMPAS.com - Naiknya berat badan setelah melahirkan bisa jadi permanen jika ibu tidak melakukan perubahan gaya hidup, misalnya meningkatkan aktivitas fisik.

Karena masih memiliki bayi, lakukan latihan fisik secara bertahap. Dimulai dari yang ringan dulu dan tentunya menyenangkan. Salah satunya adalah olahraga sambil membawa bayi di stroller, bisa dengan senam ringan, bahkan lari.

Prenatal & Post Natal Certified Trainer Adianti Reksoprodjo mengungkapkan, joging sambil membawa stroller mungkin tergolong baru, karena kondisi trek di Indonesia yang belum memadai.

Kendati demikian, lari bersama anak di dalam stroller dianggap bisa menjadi alternatif mengatasi perubahan fisik, namun tetap memerhatikan kedekatan bersama anak.

Sebelum masuk ke aktivitas lari, Adianti meminta untuk para ibu untuk paham pemilihan stroller lebih dulu. Jika berniat untuk lari, idealnya, maka perlu memilih stroller lari, dengan ciri-ciri--roda depan lebih besar hingga memiliki rem di bagian handle. 

"Karena jarang, maka stroller biasa pun bisa, namun tidak semua stroller bisa," ujar Adianti di acara Get Fit With Stroller dari Mothercare, Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Stroller biasa yang dianggap cocok harus punya roda depan besar, sehingga memiliki suspensi. Kegunaannya agar anak dalam stroller tidak terlalu berguncang. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Berapa Hari Dibutuhkan untuk Bentuk Kebiasaan Baru?

Adianti tak merekomendasikan umbrella stroller untuk dipakai jogging bersama anak dengan stroller. Kereta dorong bayi jenis itu dianggap terlalu kecil sehingga berisiko bagi anak.

Selama melakukan jogging, jangan lupa mengunci roda depan stroller untuk menghindari risiko keselamatan bagi anak.

"Karena saat lari lumayan agak kencang, misalnya, kalau kena bolongan, risikonya stroller berputar dan berbahaya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X