Hati-hati, Jangan Suntik Kurus Sembarangan! - Kompas.com

Hati-hati, Jangan Suntik Kurus Sembarangan!

Kompas.com - 05/12/2018, 19:00 WIB
Ilustrasi.Thinkstock Ilustrasi.

KOMPAS.com - Ingin serba instan, termasuk dalam menurunkan berat badan, bisa berakhir nestapa. Salah satu cara yang tidak sehat untuk melangsingkan badan adalah melakukan suntik kurus sembarangan.

Seperti dikutip dari Alodokter.com, suntik kurus atau mesoterapi biasanya menggunakan campuran PPC, L carnitine, organic silicum, dan procaine.

Penggunaan cairan ini bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi, membakar energi, menghambat pengambilan lemak dan memicu pelepasan lemak.

Saat ini, cairan suntik kurus dapat ditemukan dengan mudah pada berbagai e-commerce. Cairan yang belum tentu terjamin keamanannya ini diperjualbelikan dengan rentang harga Rp 150.000 sampai dengan Rp 500.000.

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin dari ZAP Clinic, dr.Dara Ayuningtyas, suntik kurus bisa berakibat fatal jika dilakukan tanpa pengawasan tenaga medis.

“Suntik kurus harus dilakukan oleh dokter karena jaringan subkutan yang menjadi sasaran injeksi banyak mengandung pembuluh darah. Jika salah sasaran suntik, efek yang timbul adalah lebam dan nyeri," kata Dara dalam keterangan pers yang dikirimkan.

Dalam jangka panjang, pembuluh darah bisa pecah dan mengakibatkan gangguan pada jaringan sekitar.
"Pada tingkat yang paling ekstrim, mereka yang terobsesi dengan tubuh kurus dapat menderita penyakit anoreksia” kata Head of Medical and Training ZAP Clinic ini.

Saat ini di berbagai klinik kecantikan ditawarkan terapi pelangsingan. Namun, berhati-hatilah memilih klinik yang aman. Sebaiknya pilih dokter yang memiliki kompetensi.

Salah satu metode menurunkan berat badan yang aman secara medis adalah treatment Mesolipo.

Menurut Dara, pada metode ini, dokter akan menyuntikkan cairan obat yang telah tersertifikasi BPOM untuk menghancurkan jaringan lemak berlebih di area lengan atas, perut atau paha atas.

“ZAP Mesolipo pasti aman karena cairan yang digunakan telah tersertifikasi oleh BPOM dan juga berstandar internasional. Treatment juga ditangani oleh dokter yang telah terlatih,” katanya.

Terdapat sejumlah prosedur dalam perawatan ZAP Mesolipo, yang meliputi sesi konsultasi, pengecekan kesehatan seperti tekanan darah, pengukuran lingkar lengan, perut, dan paha atas, serta melakukan injeksi ke beberapa titik sasaran.

Untuk mendapat hasil yang signifikan, dokter Dara menyarankan untuk melakukan ZAP Mesolipo selama satu bulan atau empat kali suntik.

Terapi ini juga dapat dipadukan dengan treatment Body Sculpting yang menggunakan Laser L-Runner. Body sculpting bertujuan untuk mengencangkan kulit di area yang lemaknya sudah hancur.



Close Ads X