Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nike Debut Sepatu Berteknologi Tinggi, Bisa Dikontrol Lewat Smartphone

Kompas.com - 17/01/2019, 09:09 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pekan ini, Nike mengumumkan pre-sale self-tightening sneakers (sepatu dengan fitur mengencangkan sendiri) terbaru yang disebut Adapt BB (basketball). 

Dilansir dari New York Post, Adapt BB tampak seperti sepatu performance lainnya, di mana terdapat mesh upper dan sol karet yang tebal yang terletak tepat di bawah lengkungan kaki.

Satu hal yang menarik adalah inovasi teknologi Nike, lace engine, yang membuat sepatu ini disebut laceless. Dengan kata lain, sneakers ini tak seperti umumnya yang menggunakan tali sepatu, melainkan teknologi sendiri yang bisa menyesuaikan sepatu ke kaki.

Nike Adapt BBNIKE Nike Adapt BB

Ada pun mekanisme pengencangan tersebut menggunakan jaringan bluetooth yang dapat dikontrol melalui aplikasi smartphone. Selain itu, sepatu ini juga perlu charge ulang karena tenaganya hanya mampu bertahan 10-14 hari.

Sneakers adaptif ini berguna bagi kamu yang mulai merasa ketat atau bengkak jika berlama-lama latihan dengan sepatu. Menurut reporter The Verge yang juga mencicipi sneakers tersebut, memakai sepatu ini seperti "dipeluk" robot.

"Ini adalah perpanjangan alami dari tubuh kamu," Eric Avar, VP & direktur kreatif di Nike Innovation, mengatakan pada The Verge.

Adapt BB bukan sneakers pertama Nike yang menggunakan teknologi semacam itu. Pada tahun 2016, Nike memulai debutnya HyperAdapt 1.0 edisi terbatas, versi Adapt BB yang lebih besar dengan tali real, dan dijual seharga 720 dollar AS.

Sebelum tahun itu, Nike juga merilis 89 pasang Mag, dengan teknologi yang mirip dengan HyperAdapt 1.0, namun dirancang menyerupai sepatu dari "Back to the Future II".

Kendati demikian, dari deretan sepatu di atas, termasuk Adapt BB, belum ada yang memiliki teknologi melacak langkah-langkah atau aktivitas fisiologis, sekali pun semua teknologi ada untuk dapat melakukannya.

"Kami melihat hal-hal seperti penghitungan langkah dan pelacakan aktivitas sebagai hal yang mudah untuk ditambahkan, tetapi itu tidak selalu menjadi alasan seseorang membeli sepatu," kata Jordan Rice, direktur senior di Smart Systems Engineering di Nike.

Nike Adapt BBNIKE Nike Adapt BB

Namun, Nike memastikan bahwa Adapt BB aman, tidak akan membuat kaki terbakar, karena sudah melewati uji coba dan konsultasi dengan para pemain basket profesional.

Adapt BB juga seharusnya tahan air. Jika ada yang bermasalah, Nike akan menawarkan perbaikan dan penggantian.

Sepatu ini akan mulai dijual secara resmi pada bulan Februari 2019 seharga 350 dollar AS, dengan ukuran 7 hingga 15.

Nike menggembar-gemborkan Adapt BB sebagai prototipe untuk semua sepatu masa depan.

"Apa yang ingin kami lakukan adalah menyelesaikan sesuatu yang kami tahu konsumen inginkan terlebih dahulu untuk mengatasi masalah," kata Rice. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com