Kompas.com - 18/02/2019, 16:00 WIB
Cokelat hitam lebih menyehatkan ShutterstockCokelat hitam lebih menyehatkan

KOMPAS.com - Karena sifat cokelat yang mudah lumer, kebanyakan orang menyimpan makanan ini di dalam freezer.

Ternyata, menurut chef Alain Ducasse kebiasaan itu salah. Chef yang mendapat 3 bintang Michelin ini baru saja membuka toko cokelat di London, Inggris.

"Menyimpan cokelat di freezer harus dihindri. Cokelat sebaiknya disimpan dalam suhu antara 15 derajat celcius dan 18 derajat celcius, dalam tempat kering," kata Ducasse.

Ia menambahkan, suhu terbaik untuk menikmati cokelat adalah sekitar 20 derajat celcius.

"Untuk ganache (cokelat isian cake dan pastry) harus dikonsumsi paling lama tiga minggu. Cokelat praline maksimal empat minggu, dan cokelat batangan bisa disimpan beberapa bulan," kata pemilik 40 restoran ini.

Managing Director Le Chocolat Alain Ducasse, Damien Couliou, menjelaskan mengapa suhu ruang sangat optimal untuk mengasup cokelat.

"Kalau terlalu dingin air akan mengembun dan cokelatnya memutih. Kalau terlalu panas, lebih dari dari 20 derajat celcius, cokelatnya meleleh dan lembek," kata Couliou.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, saat terjadi kondensasi, air akan bereaksi pada skala mikroskopis dengan gula yang terdapat dalam cokelat dan permukaannya mengkristal. Sehingga warnanya memutih.

"Air yang mengembun itu memang tidak memengaruhi rasa cokelat, hanya penampakannya saja," katanya.

Jadi, jika kamu ingin warna cokelat tidak berubah, jangan simpan di dalam tempat terdingin di kulkas dan segeralah konsumsi tak lebih dari satu bulan sejak dibeli.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.