Kompas.com - 12/03/2019, 12:43 WIB
Salah satu hasil tantangan Trash Challange di media sosial yang dilakukan oleh masyarakat. TwitterSalah satu hasil tantangan Trash Challange di media sosial yang dilakukan oleh masyarakat.

KOMPAS.com – Media sosial selalu diramaikan dengan berbagai jenis tantangan atau challenge kurang bermakna dan cenderung membahayakan keselamatan. Namun, tidak demikian dengan tantangan viral yang satu ini: trash challenge.

Trash challenge mengajak siapa pun untuk berani bertindak mencintai bumi dengan memungut sampah-sampah kecil di sekitarnya.

Banyak orang dari berbagai belahan dunia pun turut serta dalam tantangan viral ini. Mereka pun mendokumentasikan aksi pungut sampah yang dilakukan dan mengunggahnya ke media sosial, baik Twitter, Instagram, atau yang lainnya.

Tantangan bisa dilakukan di mana pun, pantai, hutan, tepi jalan raya, dan sebagainya.

Banyak dari pelaku tantangan menjajarkan dua foto lokasi yang sama, sebelum dan sesudah tantangan dilakukan.

Baca juga: Vans Challenge, Tantangan Melempar Sneakers yang Jadi Viral

Salah satunya diunggah oleh akun Twitter @oREGONjobs2. Deretan kantong sampah dijajarkan sebagai hasil dari aksi bersih-bersih yang dilakukan.

Dinilai baik, banyak pihak yang mengharapkan tren ini akan berlangsung selamanya, tidak hanya saat musim dan ramai dipebincangkan seperti saat ini.

"Sebuah tantangan media sosial yang patut untuk didukung," tulis akun @pizzadia.

Tantangan ini muncul ketika masyarakat dunia perlahan mulai memahami arti penting kelestarian lingkungan.

Di media sosial, tantangan ini banyak menggunakan tagar Trash Challenge atau Trash Tag Challenge. 

Semakin banyak orang yang menyadari bahaya sampah, hingga mengubah gaya hidupnya menggunakan barang-barang yang bersifat tidak sekali pakai, seperti sedotan stainless steel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.