Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai di Medsos Soal Sampah di Recycle Station Sociolla Disebut Tak Didaur Ulang, Ini Faktanya

Kompas.com - 17/04/2024, 08:14 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini, Sociolla menjadi salah satu brand yang ramai diperbincangkan netizen di media sosial. 

Pasalnya, Sociolla dituding tak melakukan daur ulang sampah yang dikumpulkan oleh konsumennya di Recycle Station yang ada di setiap store Sociolla. 

Perbincangan ini dimulai dari salah satu twit di akun menfess @tanyakanrl pada Sabtu (13/4/2024). 

Tanyarl emang iya emptiesnya soco gak di daur ulang lagi?” begitu yang ditulis salah satu pengguna Twitter atau X di akun tersebut.

Baca juga:

Balasan dari twit tersebut pun memperlihatkan banyak yang menyayangkan hal itu.  

GREENWASHING: cara perusahaan atau lembaga nunjukkin seakan2 mereka melindungi lingkungan, biasanya seakan2 ngasih solusi padahal solusi itu ga menyelesaikan apa2 pada problem lingkungannya.” ujar akun @Fol1eadeux pada Sabtu (13/4/2024). 

Dari awal emang agak skeptis dgn marketing gimmick kyk gini. Biar keliatan kalo a company care about environmental issues aja. Kan tiap ngumpulin empties dapet poin kalo punya akun, ujung2nya biar konsumen belanjain pointsnya lagi.” kata akun lainnya, @whatiknewthen. 

Lantas, benarkah hal tersebut? Berikut tanggapan Sociolla saat diwawancarai Kompas.com pada Selasa (16/4/2024). 

Program berhenti sementara di sejumlah store

Sociolla menggandeng Innisfree untuk ikut menjadi mitra brand Waste Down Beauty Up selama 3 bulan ke depan dalam mengedukasi lebih banyak beauty enthusiast Indonesia mengurangi sampah plastik.KOMPAS.com/Ryan Sara Pratiwi Sociolla menggandeng Innisfree untuk ikut menjadi mitra brand Waste Down Beauty Up selama 3 bulan ke depan dalam mengedukasi lebih banyak beauty enthusiast Indonesia mengurangi sampah plastik.

Co-founder sekaligus Chief Marketing Officer (CMO) Social Bella, Chrisanti Indiana mengatakan program Recycle Station ini merupakan satu langkah yang dilakukan dalam program Waste Down Beauty Up (WDBU). 

“Kehadiran Sociolla Recycle Station di Sociolla Store sejak Maret 2022 merupakan salah satu bagian dari payung besar inisiatif Sociolla Waste Down Beauty Up (WDBU),” kata Chrisanti kepada Kompas.com, Selasa (16/4/2024). 

Baca juga: 6 Rekomendasi Skincare Lokal di Bawah Rp 100.000

Chrisanti juga menjelaskan bahwa pengumpulan sampah produk kecantikan (beauty empties) di Sociolla Store tersebut biasanya akan diserahkan kepada mitra-mitra kredibel di bidang pengelolaan dan daur ulang sampah. 

Ia menyebutkan, sejak Maret sampai Desember 2022, mereka bekerja sama secara eksklusif dengan Waste4Change dan berhasil mengumpulkan 24,7 ton sampah produk kecantikan.

"Lalu, dilanjutkan dengan kemitraan bersama Paste Laboratory mulai dari April 2023 sampai Januari 2024, dan berhasil mengumpulkan 108 ton,” lanjut Chrisanti. 

Baca juga: Sociolla x Innisfree Ajak Beauty Enthusiast Kurangi Sampah Plastik

Untuk saat ini, program Sociolla Recycle Station diberhentikan sementara di beberapa store untuk menunggu perluasan kerja sama dengan berbagai mitra pengelola sampah dari berbagai skala dan lokasi. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com