Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sociolla x Innisfree Ajak Beauty Enthusiast Kurangi Sampah Plastik

Kompas.com - 26/08/2023, 06:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sampah plastik menjadi masalah utama pencemaran lingkungan yang sampai saat ini belum benar-benar bisa teratasi.

Berdasarkan data dari Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), volume timbunan sampah di Indonesia pada tahun 2022 mencapai 34,45 juta ton.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 17 persen jenis sampah didominasi oleh sampah plastik.

Dan, setiap hari volume sampah plastik akan terus bertambah melalui penggunaan produk-produk yang umumnya berasal dari rumah tangga, termasuk produk kecantikan.

Baca juga: HUT Ke-78 RI, Sociolla Gelar Promo Khusus Merek Kecantikan Lokal

Memahami buruknya dampak dari sampah plastik terhadap lingkungan, Sociolla sebagai omnichannel-retailer kecantikan di Indonesia, melanjutkan komitmennya untuk memperluas jangkauan dan mengajak lebih banyak brand untuk bergabung dalam inisiatif Waste Down Beauty Up.

Di tahun 2023, Sociolla menggandeng Innisfree, brand kecantikan asal Korea Selatan, untuk ikut menjadi mitra brand Waste Down Beauty Up selama 3 bulan ke depan dalam mengedukasi lebih banyak beauty enthusiast Indonesia mengurangi sampah plastik

Mengurangi sampah plastik dari produk kecantikan

Melalui inisiatif Waste Down Beauty Up dari Sociolla, sekarang sudah terkumpul lebih dari 1,6 juta kemasan dengan berat lebih dari 66 ton.

Aktivitas ini juga melibatkan lebih dari 50 ribu peserta yang turut berpartisipasi dalam mengumpulkan beauty empties-nya di recycle station untuk didaur ulang sejak Maret 2022 hingga Juni 2023.

Baca juga: Sociolla Makeupverse Hadirkan Inspirasi 3 Look Makeup Terkini, Mana Pilihanmu?

Co-Founder & CMO Social Bella, Chrisanti Indiana menjelaskan, inisiatif Waste Down Beauty Up ini dilanjutkan di tahun kedua untuk menjaga prinsip sustainability di tengah meningkatnya minat produk kecantikan di Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com