Kompas.com - 15/03/2019, 12:30 WIB
Merokok Bisa Sebabkan Uban di Usia Muda? shutterstockMerokok Bisa Sebabkan Uban di Usia Muda?
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sejumlah penelitian menemukan bahwa kebiasaan merokok erat kaitannya dengan munculnya uban di usia muda. Kini, cobalah bercermin dan perhatikan rambutmu. Apakah terdapat tanda-tanda munculnya uban meskipun usia baru memasuki kepala dua atau tiga?

Bisa jadi, salah satu penyebabnya berasal dari kebiasaan merokok. Mengapa demikian?

Pada awalnya, folikel yang menjadi tempat tumbuhnya rambut memiliki sekumpulan sel yang disebut melanosit. Melanosit berfungsi untuk memproduksi melanin, yakni pigmen yang memberikan warna gelap pada rambut.

Seiring bertambahnya usia, melanosit mulai mati sehingga produksi melanin berkurang. Warna rambut pun akan berangsur menjadi kelabu, keperakan, hingga akhirnya putih saat melanin benar-benar berhenti diproduksi. Inilah alasan mengapa rambut beruban umumnya dimiliki oleh para lansia.

Baca juga: 4 Cara Mencegah Uban di Usia Muda

Apa saja yang dapat menyebabkan munculnya uban di usia muda?

Rata-rata, uban baru akan muncul saat seseorang berusia akhir 30-an atau baru memasuki usia 40-an. Namun, kamu dapat dikatakan memiliki uban di usia muda jika uban muncul pada usia 25 tahun atau kurang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut adalah sejumlah faktor yang dapat memicu munculnya uban sejak dini:

1. Faktor genetik

Faktor genetik berperan besar dalam menyebabkan uban di usia muda. Bila orang tua atau kakek dan nenek memiliki uban sejak masih muda, maka kamu pun berkemungkinan besar mengalami hal yang sama.

Faktor genetik memang tidak dapat diubah, tapi kamu dapat menyiasati rambut beruban dengan mewarnainya menggunakan cat rambut.

Baca juga: Mengapa Rambut Sudah Beruban di Usia Muda?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.