Gaya Hidup yang Dibutuhkan untuk Miliki Perut Rata

Kompas.com - 10/05/2019, 15:00 WIB
Ilustrasi langsing shironosovIlustrasi langsing

KOMPAS.com - Selain ingin menurunkan berat badan, upaya untuk mengecilkan perut banyak dicari. Padahal, mengecilkan bagian tubuh tertentu tentu memiliki kerumitan tersendiri, apalagi membuang lemak di area perut.

Menurut pelatih kebugaran Cecilia Harris, menerapkan diet seimbang dapat membantu kita memiliki perut rata.

“Makanan seimbang adalah tentang memenui semua nutrisi yang tepat dalam piring makan kita," ucapnya.

Itu berarti kita harus mengonsumsi sayuran, protein, dan juga mineral yang bisa kita dapatkan melalui buah dan semua makanan yang kita konsumsi.

Jika ingin mengurangi lemak perut, kita perlu membakar lemak lain yang berlebihan di seluruh tubuh.

Menurut Harris, tidak ada makanan ajaib yang akan membuat kita kehilangan lemak perut.

Meski tak spesifik membakar lemak di perut, tetapi ada beberapa jenis makanan yang membantu membuat lemak perut tidak cepat membuncit.

"Ada cara untuk menghilangkan perut buncit karena penumpukan cairan dan gas. Makan sayuran berdaun hijau akan membantu, seperti bayam dan juga pisang untuk kalium," ungkap Harris.

Selain itu, minum teh herbal juga membantu perut agar terlihat rata. Misalnya saja teh peppermint dan teh adas.

Baca juga: Ingin Langsing? Coba Konsumsi Makanan Ini saat Sarapan

Cukup tidur

Selain pola makan, ada beberapa gaya hidup tidak sehat yang menyebabkan penumpukan lemak di tubuh. Salah satunya adlaah stres dan kurang tidur.

Penelitian menunjukkan, kurang tidur bisa meningkatkan lemak perut terutama pada orang berusia kurang dari 40 tahun.

Disebutkan, mereka yang terbiasa tidur 5 jam setiap malam lebih berpotensi mengalami kegemukan di sekitar perut dalam kurun waktu 5 tahun. Risiko penumpukan lemak perut (visceral fat) ini naik sampai 32 persen.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X