Olahraga 30 Menit demi Atasi Masalah Kewanitaan

Kompas.com - 05/06/2019, 16:52 WIB
Ilustrasi joggingDragonImages Ilustrasi jogging

KOMPAS.comOlahraga menyimpan banyak manfaat. Selain untuk membuat tubuh segar, olahraga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah diserang penyakit.

Bahkan bagi wanita, manfaat olahraga bisa lebih spesifik. Haid menjadi lebih lancar. Bahkan bagi yang ingin memiliki anak, olahraga teratur bisa membuat lebih subur.

“Olahraga minimal 30 menit bisa mengatur metabolisme wanita agar hormon lebih seimbang.”

Hal itu disampaikan dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang juga pimpinan komunitas lari Fake Runners Bandung, Doni Aprialdi kepada Kompas.com di Enzoro Bandung, belum lama ini.

Agar lebih maksimal, olahragalah minimal 30 menit sehari. Akan lebih bagus jika dilakukan dua hari sekali dan minimal tiga kali seminggu.

Baca juga: 5 Penyebab Organ Kewanitaan Sering Gatal

Jenis olahraganya low to medium impact. Bagi kaum hawa yang senang olahraga ramai-ramai biar lebih semangat, jogging, aerobik, zumba, bisa menjadi pilihan.

“Kalau mau yang gratisan, bisa jogging. Dimulai dengan trek yang ringan dan durasi bertahap. Misal di awal cukup tiga keliling lapangan. Kalau sudah bisa enak, bisa nambah,” tutur dia.

Olahraga 30 menit yang rutin ini, sambung Doni, mampu mengatur regulasi hormon.

Dampaknya haid menjadi lancar, kalau yang ingin memiliki anak menjadi lebih subur.

Namun syaratnya, wanita tersebut harus menjaga pola makan dan istirahat yang cukup. Sebab, olahraga pun hanya bisa dilakukan jika istirahatnya cukup.

“Yang harus dilakukan istirahat cukup, menjaga makanan, dan olahraga minimal 30 hari dua hari sekali,” tutup dia.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X