Kompas.com - 24/06/2019, 12:25 WIB
Ilustrasi perawatan wajah YakobchukOlenaIlustrasi perawatan wajah

KOMPAS.com - Kulit wajah memang tak ada yang mulus sempurna seperti dalam iklan kosmetik. Salah satu yang mengganggu kulit adalah garis-garis halus pembuluh darah atau sering disebut spider vein.

Pembuluh darah kapiler yang rusak akan membentuk garis tipis seperti sarang laba-laba berwarna merah atau keunguan tersebut, yang biasanya muncul di sekitar hidung, pipi dan mulut.

Tentunya, ini akan mengganggu cita-cita wajah mulus tanpa noda. Banyak orang menutupi spider vein dengan concealer atau foundation.

Walau efektif, tapi teknik itu hanya berlaku sementara. Lalu, bagaimana cara menutupinya secara permanen?

Untuk mencari solusinya, tentunya kita harus mencari tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan kerusakan vena kapiler di wajah.

Menurut dokter kulit kosmetik dari Beverly Hills, Dr. Sameer Bashey, kapiler pecah di wajah dan di sekitar hidung dapat disebabkan oleh berbagai kondisi.

"Paling umum, penyebabnya adalah kerusakan akibat sinar matahari," ucap dia.

Seiring waktu, sinar matahari dapat menipiskan dermis kulit, yang menyebabkan penurunan kolagen, elastin, dan asam hialuronat.

"Ketika ini terjadi, pembuluh darah menjadi sedikit lebih terlihat dan muncul dekat dengan persimpangan antara epidermis dan dermis," kata Bashey.

Biasanya, pembuluh darah yang sedikit membesar dan menyerupai sarang laba-laba ini adalah kapiler kecil yang mengalami disfungsional.

Halaman:


Sumber InStyle
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X