Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/07/2019, 16:29 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Kamu lebih suka minum kopi atau teh? Kedua minuman ini memang sama-sama memiliki manfaat untuk kesehatan. Namun, manfaat teh hijau digadang-gadang memberikan umur lebih panjang bagi para penikmatnya.

Teh hijau dikenal berkhasiat tinggi sejak tahun 2737 Sebelum Masehi (SM). Jika ditilik nutrisinya, teh hijau memang memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat, seperti kafeina, katekin, kalium, dan beberapa kandungan lainnya.

Katekin memiliki sifat antioksidan, yang dapat melindungi tubuh dari berbagai gangguan medis, seperti penyakit jantung.

Manfaat teh hijau, dari otak hingga otot

Berbagai kandungan pada teh, mampu membantu meningkatkan hal-hal baik untuk tubuh kita. Mungkin kamu sudah tahu teh memberikan efek menenangkan. Namun, berbagai penelitian membuktikan bahwa ternyata manfaatnya lebih dari itu.

Fungsi otak dan kecerdasan

Seperti pada kopi, teh mengandung kafeina yang dapat menghambat aktivitas adenosin, senyawa di tubuh yang menimbulkan rasa kantuk. Selain itu, kafeina juga berkhasiat meningkatkan fungsi otak dan daya ingat.

Kafeina akan bekerja bersama asam amino L-teanin, kandungan lain pada teh hijau. Kombinasi dua zat ini, secara singkat, membantu kinerja otak lebih baik, daripada kopi.

Pembakaran lemak

Beberapa penelitian telah membuktikan, teh hijau meningkatkan laju metabolisme dan membantu pembakaran lemak di tubuh, serta melancarkan pencernaan.

Performa fisik

Selain membantu meningkatkan pembakaran lemak, teh hijau juga dipercaya ampuh meningkatkan performa fisik. Kafeina menjadi kuncinya, karena kandungan ini dapat mengubah asam lemak menjadi energi yang bisa digunakan tubuh.

Manfaat teh hijau untuk menangkal penyakit

Tidak hanya meningkatkan hal-hal baik untuk tubuh, teh juga mampu menurunkan risiko terhadap penyakit, termasuk kanker, penyakit jantung, dan masalah pada mulut. Berikut ini adalah sejumlah penyakit yang bisa dihalau dengan mengonsumsi teh hijau.

Beberapa jenis kanker

Teh hijau mengandung antioksidan tinggi, yang mampu melindungi bagian tubuh yang berisiko menjadi lokasi pertumbuhan sel kanker. Beberapa jenis kanker yang dipercaya dapat dicegah, berdasarkan beberapa riset, adalah kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker prostat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com