Segudang Manfaat Teh Hijau untuk Umur Lebih Panjang

Kompas.com - 16/07/2019, 16:29 WIB
ilustrasi teh hijaushutterstock ilustrasi teh hijau

KOMPAS.com - Kamu lebih suka minum kopi atau teh? Kedua minuman ini memang sama-sama memiliki manfaat untuk kesehatan. Namun, manfaat teh hijau digadang-gadang memberikan umur lebih panjang bagi para penikmatnya.

Teh hijau dikenal berkhasiat tinggi sejak tahun 2737 Sebelum Masehi (SM). Jika ditilik nutrisinya, teh hijau memang memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat, seperti kafeina, katekin, kalium, dan beberapa kandungan lainnya.

Katekin memiliki sifat antioksidan, yang dapat melindungi tubuh dari berbagai gangguan medis, seperti penyakit jantung.

Manfaat teh hijau, dari otak hingga otot

Berbagai kandungan pada teh, mampu membantu meningkatkan hal-hal baik untuk tubuh kita. Mungkin kamu sudah tahu teh memberikan efek menenangkan. Namun, berbagai penelitian membuktikan bahwa ternyata manfaatnya lebih dari itu.

Fungsi otak dan kecerdasan

Seperti pada kopi, teh mengandung kafeina yang dapat menghambat aktivitas adenosin, senyawa di tubuh yang menimbulkan rasa kantuk. Selain itu, kafeina juga berkhasiat meningkatkan fungsi otak dan daya ingat.

Kafeina akan bekerja bersama asam amino L-teanin, kandungan lain pada teh hijau. Kombinasi dua zat ini, secara singkat, membantu kinerja otak lebih baik, daripada kopi.

Pembakaran lemak

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X