Rafheoo, Sneakers Lokal dengan Material Unik

Kompas.com - 20/07/2019, 19:00 WIB
Rafheoo Footwear KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYARafheoo Footwear

JAKARTA, KOMPAS.com - Ide-ide gila dari industri sneakers lokal terus bermunculan. Setiap merek mencoba memposisikan diri dengan memberikan konsumen suatu kebaruan dan keunikan.

Hal ini juga yang dilakukan Rafheoo Footwear, merek sepatu asal Jakarta besutan tiga sekawan—Hendi Dermawan Putra (26), Alif Pratama (27) dan Agra Geneosya (27).

Kompas.com berkesempatan bertemu langsung dengan Hendi yang menjabat sebagai CEO Rafheoo di tempat produksi Rafheoo Bag, produk pertama yang sebenarnya diproduksi tiga sekawan tersebut.

"Jauh sebelum sepatu ini, kita bikin tas tahun 2011 dan berkembang sampai pabrik kain. Tahun 2019 ini kita beranikan diri bikin produk sepatu," ujar Hendi saat ditemui di studionya di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019).

Rafheoo mulai merambah industri sneakers tepat ketika memiliki pabrik kain. 

Menurut Hendi, memiliki pabrik kain berarti kesempatan besar untuk eksplor, satu di antaranya karena akses luas menggunakan material yang berbeda dari produk sejenis di pasaran.

"Pabrik kami bisa hasilkan kain unik, dan kami mau gabungkan antara sepatu dan kain untuk jadi sebuah produk unik," ujar Hendi dengan bersemangat membeberkan ide-ide awal ia berkecimpung dalam industri sneakers.

Rafheoo FootwearKOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Rafheoo Footwear

Perlahan tapi pasti, ide membuat brand sepatu yang sejak lama diidamkan Hendi menemui titik cerah. Selain memiliki akses material, ia pun bertemu dengan home industry pembuatan sepatu yang akhirnya mewujudkan mimpinya.

Tempat tersebut, diakui Hendi, adalah konsumen pabrik kainnya. Bermodal pendekatan apik, ia berhasil menggaet industri rumahan yang kualitas produksinya tak kalah dengan pabrik sepatu umum. 

Uniknya, sebagai permulaan, 50 pasang sneakers Rafheoo tidak dibeli Hendi dengan uang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X