Kompas.com - 22/07/2019, 14:41 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Anak-anak yang asyik dengan gawai (gadget) sampai tak kenal waktu rasanya sudah menjadi pemandangan yang biasa di kota besar. Sebagian anak bahkan rewel dan marah jika gadget mereka diambil.

Padahal, penggunaan gadget secara berlebihan oleh anak bisa menimbulkan berbagai konsekuensi fisik dan non-fisik.

Konsekuensi fisik misalnya mengalami obesitas karena kurang bergerak, cedera otot tangan akibat terlalu lama menggunakan gawai, gangguan tidur yang berakibat kurangnya konsentrasi, dan pola makan yang berantakan.

Sementara konsekuensi non-fisik lebih mengarah pada emosional seseorang. Misalnya, memburuknya relasi dengan orang-orang sekitar, menurunnya tingkat kesantunan, hingga etos belajar yang rendah.

Lalu, bagaimana cara mengalihkan anak dari gadget jika mereka sudah menggunakannya terlalu berlebihan?

Psikolog klinis Ratih Ibrahim mengatakan, orangtua adalah kuncinya. Pertama-tama, orangtua harus rela meletakkan gadget mereka terlebih dahulu, baru menyuruh anak meletakkan gadget mereka

Baca juga: Kecanduan Gadget dan Game Online Itu Nyata

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anak mungkin bakal bereaksi keras, tapi orangtua harus tegas membuat anak membatasi penggunaan gadgetnya.

"Anak mungkin akan sakau, rewel. Konsisten saja," kata Ratih ketika ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Orangtua bisa mulai mengalihkannya ke aktivitas lain yang lebih positif. Misalnya, mengajak anak mendengar dongeng, melakukan permainan fisik kesukaan mereka, atau bermain mainan fisik. Imajinasi dan kreativitas orangtua sangat berperan di sini.

Menurut Ratih, seringkali orangtua memberikan gadget ketika anak rewel karena mereka tak tahan menghadapi kerewelan buah hati mereka.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.