Kompas.com - 30/07/2019, 10:10 WIB
Maudy Ayunda ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (29/7/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAMaudy Ayunda ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (29/7/2019).
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Beauty bullying merupakan bentuk bullying yang kerap dialami perempuan Indonesia baik secara verbal maupun melalui media sosial.

Permasalahan ini kerap menghantui para perempuan terutama di ruang media sosial yang biasa kita sebut dengan social beauty bullying.

Beauty bullying ternyata juga kerap dialami oleh publik figur seperti Maudy Ayunda. Tak jarang Maudy menerima komentar atau ‘nyinyiran’ terkait penampilannya di media sosial.

“Dulu aku berpikir bahwa menerima komentar negatif tentang penampilan di media sosial merupakan risiko sebagai public figure. Tapi lama-lama aku semakin menyadari bahwa tidak sepatutnya kita tinggal diam, ujarnya.

Memahami isu ini, Maudy Ayunda bersama Lux meluncurkan inisiatif #STOPBeautyBullying untuk mengajak perempuan Indonesia melawan social beauty bullying dengan berani mengekspresikan kecantikannya.

"Aku berharap melalui inisiatif ini perempuan Indonesia semakin berani menunjukkan bahwa komentar-komentar negatif itu tidak dapat menghalangi kita untuk mengekspresikan kecantikan kita dan kemampuan kita untuk berkarya,” ungkap Maudy di Jakarta, Senin (29/7/2019).

Maulani Affandi, Head of Skin Cleansing & Baby PT Unilever Indonesia Tbk dalam kesempatan yang sama mengungkapkan, “Media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Namun, platform ini seringkali disalahgunakan, contohnya melontarkan komentar negatif yang menyerang penampilan fisik."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Padahal menurutnya, setiap perempuan itu cantik dan berhak untuk mengekspresikan kecantikannya tanpa terkecuali.

Karenanya ia mengajak para perempuan untuk berani mengekspresikan dirinya dan mengesampingkan komentar–komentar negatif orang lain terhadap dirinya.

Berdasarkan data dari The Cybersmile Foundation, social beauty bullying telah menjadi permasalahan yang dialami lebih dari 45 juta perempuan di dunia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.