Kompas.com - 05/08/2019, 19:55 WIB
Dr.Sammy Yahya, Sp.KK melakukan perawatan laser dan radiofrekuensi untuk menghilangkan bekas jerawat. Dok Skinda KlinikDr.Sammy Yahya, Sp.KK melakukan perawatan laser dan radiofrekuensi untuk menghilangkan bekas jerawat.

KOMPAS.com – Jerawat menjadi masalah kulit utama yang membuat banyak orang datang ke klinik kecantikan. Bukan cuma kondisi jerawat yang meradang, setelah jerawatnya sembuh, biasanya bekasnya akan membuat warna kulit tidak rata.

Bekas jerawat itu pun seringkali sulit dihilangkan dengan produk perawatan kulit biasa.

Bekas jerawat atau acne scar merupakan suatu proses akhir dari penyembuhan jerawat aktif yang meradang. Skar tersebut akan meninggalkan lubang atau bopeng di kulit.

Menurut dokter spesialis kulit Sammy Yahya, Sp.KK, bekas jerawat bisa dicegah dengan mengobati jerawat sedini mungkin supaya tidak terbentuk jaringan parut atau bekas jerawat yang lebih berat.

“Pengobatan bekas jerawat memperlukan waktu yang cukup lama. Namun, pengobatan dengan krim saja tidak cukup, terkadang diperlukan beberapa modalitas terapi, seperti krim, chemical peeling, mikrodemabrasi, microneedling, atau pun laser,” kata Sammy.

Dengan perawatan yang intensif dan berkesinambungan, bekas jerawat bisa diatasi secara permanen.

Perawatan terkini dalam menghilangkan skar akibat jerawat adalah laser yang dinamakan Fraxis CO2 Laser & radiofrekuensi Secret RF.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Sammy, sinar laser ini akan bekerja di lapisan epidermis dan dermis sehingga bisa memperbaiki struktur kulit secara menyeluruh.

Baca juga: Solusi Lenyapkan Bekas Jerawat

“Panas yang dihasilkan dari microneedle fractional radio frequency (secret RF) menstimulasi stemcell dan factor pertumbuhan alami dari kulit sendiri, menyebabkan bertambahnya kolagen serta elastin di lapisan kulit,” paparnya.

Dokter dari klinik Skinda Dermatology Jakarta itu menambahkan, laser Fraxis yang dipancarkan akan menimbulkan panas dan mengikis lapisan epidermis di sekitar bekas jerawat sehingga kulit baru akan timbul dengan kualitas yang lebih baik.

“Kombinasi kedua treatment itu akan membuat skar terangkat serta tekstur dan tone kulit di sekitarnya lebih baik,” ujarnya.

Bila dilakukan secara rutin, bekas jerawat yang membandel pun akan tersamarkan, bahkan hilang sama sekali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.