Kursi Buatan Bandung Menangi Penghargaan Produk Terbaik di New York

Kompas.com - 15/08/2019, 08:51 WIB
Produk kerajinan furnitur Indonesia menjadi pemenang kategori Best New Product pada pameran dagang dan kriya terbesar di Amerika Utara NYNOW 2019 yang berlangsung dari 10-13 Agustus 2019 di Javits Center New York. Furnitur Merapi Lounge Chair (kiri bawah) yang memenangkan penghargaan bergengsi ini, didesain dan diproduksi oleh Djalin, UKM dari Bandung. DOKUMENTASI KJRI NEW YORKProduk kerajinan furnitur Indonesia menjadi pemenang kategori Best New Product pada pameran dagang dan kriya terbesar di Amerika Utara NYNOW 2019 yang berlangsung dari 10-13 Agustus 2019 di Javits Center New York. Furnitur Merapi Lounge Chair (kiri bawah) yang memenangkan penghargaan bergengsi ini, didesain dan diproduksi oleh Djalin, UKM dari Bandung.

KOMPAS.com - Satu lagi kabar membanggakan bagi Indonesia terdengar dari New York, Amerika Serikat.

Produk kerajinan furnitur Indonesia, Merapi Lounge Chair memenangi kategori Best New Product dalam pameran dagang dan kriya terbesar di Amerika Utara NYNOW 2019, 10-13 Agustus 2019 di Javits Center.

Merapi Lounge Chair merupakan karya Djalin, sebuah usaha kecil menengah (UKM) furnitur rotan alami dan sintetis dari Bandung.

Merapi Lounge Chair karya Djalin dari Bandung, Jawa Barat.VIA DJALIN Merapi Lounge Chair karya Djalin dari Bandung, Jawa Barat.
Djalin digawangi oleh Dimas Wibisono dan Sita Fitriana. Mereka mengaku, inspirasi karya ini datang dari keharmonisan spiritual keraton Yogyakarta dengan rakyatnya.

Baca juga: Ketika Ribuan Orang Nikmati Goyang Dangdut di Central Park, New York

Keharmonisan yang lahir dari kekayaan budaya dan warisan leluhur itu, kemudian diterjemahkan dalam produk yang memadukan manusia dan alam lingkungannya lewat desain Merapi Lounge Chair.

Produk kursi lounge kontemporer ini berbingkai kayu dengan jalinan rotan alami.

Tak hanya Djalin, sebelumnya ada lima produk UKM Indonesia yang terpilih sebagai finalis untuk kategori yang sama.

Nah, prestasi ini kian terasa istimewa, karena menjadi kali kedua secara beruntun Indonesia menggondol gelar Best New Product.

Tahun lalu, Indonesia memenangi kategori ini lewat produk batik indigo yang diciptakan oleh perajin Galeri Batik Jawa, Yogyakarta.

Selain itu, Indonesia pun dalam dua tahun terakhir ini merupakan finalis untuk kategori produk ramah lingkungan.

Para punggawa UKM Djalin dari Bandung yang memenangi penghargaan Best New Product di ajang pameran dagang dan kriya terbesar di Amerika Utara NYNOW 2019 yang berlangsung pada 10-13 Agustus 2019 di Javits Center, New York, AS.  DOKUMENTASI KJRI NEW YORK Para punggawa UKM Djalin dari Bandung yang memenangi penghargaan Best New Product di ajang pameran dagang dan kriya terbesar di Amerika Utara NYNOW 2019 yang berlangsung pada 10-13 Agustus 2019 di Javits Center, New York, AS.

Baca juga: Kerajinan Tangan Indonesia Sulit Bersaing di Pentas Dunia, Kenapa?

Djalin adalah bagian dari “Paviliun Indonesia” yang tahun ini terdiri dari 18 perusahaan kriya asal berbagai daerah di Indonesia.

Seperti tertuang dalam siaran pers yang diterima Kompas.com dari KJRI New York, Kamis (15/8/2019), tahun ini Indonesia memadukan karya-karya yang menggabungkan gaya tradisional dengan sentuhan kontemporer.

Pendekatan ini disebut untuk menyesuaikan dengan kebutuhan serta permintaan pasar di AS.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X