Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kursi Buatan Bandung Menangi Penghargaan Produk Terbaik di New York

Produk kerajinan furnitur Indonesia, Merapi Lounge Chair memenangi kategori Best New Product dalam pameran dagang dan kriya terbesar di Amerika Utara NYNOW 2019, 10-13 Agustus 2019 di Javits Center.

Merapi Lounge Chair merupakan karya Djalin, sebuah usaha kecil menengah (UKM) furnitur rotan alami dan sintetis dari Bandung.

Keharmonisan yang lahir dari kekayaan budaya dan warisan leluhur itu, kemudian diterjemahkan dalam produk yang memadukan manusia dan alam lingkungannya lewat desain Merapi Lounge Chair.

Produk kursi lounge kontemporer ini berbingkai kayu dengan jalinan rotan alami.

Tak hanya Djalin, sebelumnya ada lima produk UKM Indonesia yang terpilih sebagai finalis untuk kategori yang sama.

Nah, prestasi ini kian terasa istimewa, karena menjadi kali kedua secara beruntun Indonesia menggondol gelar Best New Product.

Tahun lalu, Indonesia memenangi kategori ini lewat produk batik indigo yang diciptakan oleh perajin Galeri Batik Jawa, Yogyakarta.

Djalin adalah bagian dari “Paviliun Indonesia” yang tahun ini terdiri dari 18 perusahaan kriya asal berbagai daerah di Indonesia.

Seperti tertuang dalam siaran pers yang diterima Kompas.com dari KJRI New York, Kamis (15/8/2019), tahun ini Indonesia memadukan karya-karya yang menggabungkan gaya tradisional dengan sentuhan kontemporer.

Pendekatan ini disebut untuk menyesuaikan dengan kebutuhan serta permintaan pasar di AS.

Produk yang dikembangkan bervariasi mulai dari perhiasan, travel goods, fesyen hingga furniture, serta dekorasi rumah berbahankayu, bambu, rotan.

“Pasar home décor AS merupakan pasar yang sangat besar dan menjanjikan bagi perajin/UKM Indonesia," kata pejabat Konsul Jenderal RI New York, Yohannes Jatmiko.

Di dalamnya dilibatkan konsultan AS dan berbagai instansi pembina UKM di Indonesia.

"Jadi memang didesain untuk memperkuat market readiness UKM Indonesia, sehingga mampu bersaing dengan produk-produk dari negara lain di pasar AS,” kata Yohannes.

Hasilnya, Djalin mendapatkan penghargaan Best New Product, dan sederet karya peserta Indonesia lainnya terpilih sebagai finalis di berbagai kategori.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/08/15/085115920/kursi-buatan-bandung-menangi-penghargaan-produk-terbaik-di-new-york

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke