5 Jenis Teh dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Kompas.com - 23/08/2019, 17:04 WIB
Ilustrasi teh herbal AlexRathsIlustrasi teh herbal

KOMPAS.com - Selama berabad-abad, teh telah dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan, bahwa teh dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung dan Alzheimer.

Tak hanya itu, teh juga membantu meredakan berbagai gangguan kesehatan yang membuat kita merasa tak nyaman, seperti sembelit.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, mari mengenal berbagai jenis teh dan kegunaannya.

1. Teh chamomile

Teh chamomile dapat membantu menenangkan kegelisahan yang dapat berujung pada stres.

Senyawa chamomile diketahui dapat mengikat reseptor yang sama seperti obat penenang, seperti valium.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Pennsylvania Medical Center menemukan, bahwa teh chamomile yang dikonsumsi selama delapan minggu, secara siginifikan dapat membantu orang-orang yang menderita gangguan kecemasan.

Baca juga: Yang Terjadi pada Tubuh jika Minum Teh Tiap Hari

2. Teh lavender

Teh lavender diyakini bisa membantu mengatasi masalah tidur. Bahkan, dari aromanya saja, lavender sudah dapat membuat orang merasa rileks dan mengantuk.

Selain itu, teh lavender juga terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung.

3. Teh peppermint

Teh peppermint berfungsi menenangkan otot-otot dalam sistem pencernaan. Teh ini dikenal mamu membantu proses pencernaan.

Tapi hati-hati, jika rasa sakit di perut disebabkan oleh refluks asam, sebaiknya hindari teh peppermint.

Pasalnya, pepermint memiliki efek relaksasi pada sfingter esofagus bagian bawah, yang memungkinkan asam lambung naik kembali ke kerongkongan.

Baca juga: Studi: Tak Dibutuhkan Gula pada Secangkir Teh

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X