Cara Tepat Menjawab Anak yang Selalu Bertanya "Kenapa?"

Kompas.com - 12/09/2019, 17:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Anak-anak memang penuh rasa ingin tahu. Dorongan mereka untuk mendapat pengetahuan dan belajar banyak hal baru biasanya akan hadir dalam bentuk pertanyaan "kenapa" yang tak ada habisnya.

Menanyakan "kenapa" sebenarnya tidak melulu karena anak penasaran akan suatu hal, pertanyaan itu juga seringkali cara mereka untuk terlibat dan memulai percakapan.

Orangtua seharusnya senang jika anak aktif bertanya. Tapi, terkadang pertanyaan itu dilontarkan anak ketika kita sedang repot mengerjakan suatu hal, misalnya memasak atau menyetir.

Nah, berikut adalah beberapa respon yang bisa kita berikan ketika anak terus bertanya, tanpa kita kehilangan kesabaran.

1. Buat batasan waktu
Ajak anak membuat kesepakatan kapan sebaiknya ia tidak mengajukan pertanyaan, misalnya ketika ibu sedang sibuk di dapur atau sedang memandikan adik bayi. Sebagai gantinya, anak boleh bertanya dengan bebas di luar waktu tersebut.

Ketika anak mengajukan pertanyaan, ingatkan lagi tentang kesepakatan itu dan tawarkan ia untuk membantu ketika kita sedang sibuk melakukan sesuatu.

Anak mungkin tidak akan langsung mematuhi batasan itu, tapi mereka perlu diingatkan terus menerus.

Baca juga: Agar Anak Tak Benci Matematika

2. Bertanya balik
Terkadang respon paling efektif untuk pertanyaan "kenapa" adalah bertanya balik.

Anak: "Mama, kenapa sih burung-burung itu makan serangga?"

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber Motherly
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X