Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cecep Rahman dan Ratusan Pesilat Datangi Maryland AS

Kompas.com - 30/09/2019, 11:44 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Ratusan pesilat baik dari indonesia maupun Amerika Serikat mendatangi Maryland. Rupanya mereka menghadiri Festival Pencak Silat yang digelar di Negeri Paman Sam pada Hari Sabtu (28/9/2019) di The Universities at Shady Grove, Rockville, Maryland.

Festival yang diikuti ratusan peserta yang mayoritas warga Negeri Paman Sam ini juga semakin berbobot dengan kehadiran salah satu maestro silat, Cecep Rahman, yang datang langsung dari Indonesia sebagai bintang tamu festival maupun untuk membagikan keahliannya melalui workshop silat.

"Selamat kepada USA Pencak Silat Federation (UPSF) yang bekerja keras menyelenggarakan festival ini. Kita yakin Pencak Silat akan terus berkembang dan semakin populer di AS,” ungkap Wakil Duta Besar RI untuk AS, Iwan Freddy Hari Susanto, yang hadir mewakili Duta Besar RI Mahendra Siregar.

"Setelah dipertandingkan di ajang olahraga terbesar kedua dunia, Asian Games, besar harapan Pencak Silat ke depan dapat dipertandingkan di pesta olahraga akbar dunia, Olimpiade," lanjut Wakil Dubes RI yang membuka festival dengan pemukulan Gendang Padang.

Acara ini dianggap bersejarah karena merupakan festival Pencak Silat yang pertama kali diselenggarakan di Amerika Serikat.

“Festival tahun ini juga istimewa, karena menjadi bagian perayaan 70 tahun hubungan bilateral RI-AS, sekaligus menunjukkan bahwa seni bela diri Pencak Silat ikut berperan mendorong hubungan persahabatan yang semakin erat antara masyarakat Indonesia dan Amerika Serikat,” sambung Iwan.

Wona Sumantri, pesilat sekaligus Ketua UPSF mengapresiasi dukungan semua pihak yang dirasakannya sangat besar.

“Secara khusus, kami mengucapkan selamat datang kepada lebih 200 peserta festival dari berbagai wilayah di AS. Kehadiran Anda semua adalah bukti bahwa selain sebagai olahraga dan seni, Pencak Silat juga merupakan sarana memperkuat kebersamaan dan persahabatan," ujar Wona yang memakai busana tradisional khas Jawa Barat.

Festival ini juga diramaikan oleh para pendekar Pencak Silat yang mengasuh berbagai dojo (perguruan) di AS, seperti Satria Yoga Williamsburg-Virginia asuhan Kevin Edwards, Pencak Silat Panglipur Houston-Texas pimpinan Kai Lewis, Silat Tanjung Sari Scranton-Pennsylvania asuhan Tristan Sutrisno, Satria Fighting Arts Williamsburg-Virginia asuhan Chris Robinson, serta Silat Suffian Bela Diri Bethesda-Maryland pimpinan Eric Olea.

Untuk menunjukkan kentalnya unsur seni budaya pada Pencak Silat sebagai martial arts asli Indonesia itu, turut ditampilkan dua kelompok seni budaya Indonesia dari Washington DC dan sekitarnya, yaitu Rumah Gadang USA pimpinan seniman asal Sumatera Barat, Muhammad Afdal, dan Kelompok Gamelan Jawa KBRI pimpinan maestro gamelan asal Yogyakarta, Muryanto.

Disamping mengiringi atraksi Silat, kedua kelompok seni budaya tersebut juga membuka workshop singkat untuk menjawab keingintahuan para peserta festival dan tamu undangan terhadap hubungan seni dan budaya dengan olahraga bela diri Pencak Silat.

Wawasan hadirin terhadap seni budaya Indonesia juga diperluas dengan penjelasan mengenai Gamelan Jawa, yang dibawakan oleh Genevieve, salah satu warga AS anggota Gamelan Jawa KBRI, serta cuplikan adegan wayang kulit, yang dibawakan dalam Bahasa Inggris oleh dalang kenamaan Marc Hoffman.

"Saya merasakan gairah masyarakat AS terhadap Pencak Silat saat ini sudah jauh meningkat," komentar Cecep A. Rahman yang menjadi pendekar tamu kehormatan selama festival.

"Terakhir kali saya ke Washington DC, Maryland, dan Virginia tahun 2013," sambungnya membandingkan terus meningkatnya minat masyarakat AS selama 6 tahun terakhir.

"Saya khusus datang ke festival ini untuk melihat langsung bagaimana Cecep menunjukkan kebolehannya dalam Pencak Silat. Dia begitu hebat saat bertarung dengan aktor AS Keanu Reeves di film. Ternyata gerakan aslinya memang sangat cepat," komentar Gregory, pria AS pengagum Cecep Rahman.

Cecep yang asli Garut ini dikenal lantaran bermain dalam film laga Hollywood "John Wick: Chapter 3 -Parabellum".

Festival Pencak Silat ini merupakan bagian dari upaya UPSF dalam memopulerkan dan menyebarluaskan Pencak Silat kepada publik AS, baik dari sisi bela diri dan olahraga, maupun dari sisi seni budaya dan pola hidup sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com