Berapa Lama Rutinitas Skincare Memberikan Hasil?

Kompas.com - 01/10/2019, 16:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Jangan gampang tergoda oleh ulasan-ulasan skincare di media sosial yang menyebut suatu produk bisa memberikan hasil secara cepat di kulit. Terkadang dibutuhkan waktu lebih dari dua minggu untuk melihat hasil suatu produk perawatan kulit.

Dokter dermatologi Jennifer MacGregor mengatakan, skincare perlu dipakai rutin setiap hari agar hasilnya benar-benar terlihat. Itu sebabnya saat ini rutinitas skincare sering dianggap sebagai investasi bagi kulit. Namun, sampai kapan kita harus menunggu?

Jerawat
Pengobatan jerawat berupa obat yang diminum kurang lebih butuh satu bulan untuk benar-benar bekerja, sementara obat oles sekitar 12 minggu.

Menurut MacGregor, ada berbagai jenis jerawat, mulai dari pori-pori terseumbat sampai kista. Kulit butuh dimonitor untuk mengetahui apakah ada perbaikan di kulit setelah beberapa waktu.

“Terkadang juga butuh penyesuaian dosis agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Misalnya setelah 5 minggu sudah terlihat perbaikannya,” katanya.

Antipenuaan
Dibutuhkan waktu sekitar 6 minggu untuk melihat perbaikan pada garis halus dan keriput di wajah atau sekitar mata. Perbaikan paling nyata baru akan terlihat beberapa minggu lagi setelahnya.

“Akan lebih baik lagi jika kita memakai produk anti-aging dengan kandungan yang kuat untuk mencegah efek sinar matahari dan efeknya terus memperbaiki kulit,” kata MacGregor.

Baca juga: Perhatikan, Urutan Pemakaian Skin Care demi Hasil Maksimal

Flek hitam
Untuk melihat flek hitam mulai memudar, bersabarlah sampai dua atau tiga bulan. Selain itu, perlu diingat bahwa produk perawatan yang mencerahkan kulit tak akan efektif jika kita malas memakai tabir surya.

Pigmen akan terus terbentuk jika kulit terpapar sinar matahari, jadi memakai produk perlindungan dari ultraviolet, regime skincare yang bisa memutifhkan, dan perawatan laser atau peeling, adalah kombinasi yang tepat untuk hasil terbaik.

Tekstur kasar dan pori-pori besar
Untuk memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih halus dan mengecilkan pori, dibutuhkan waktu agak lama, yaitu 6-12 minggu.

“Karena melibatkan remodeling struktur dalam kolagen, yaitu protein yang membentuk kulit,” ujarnya.

Meski begitu, saat ini banyak produk skincare yang memiliki kandungan tertentu untuk membuat kulit terlihat halus seperti satin, meski efeknya sementara. Namun, untuk bagian dalam kulit sendiri perbaikannya butuh waktu lama.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X