Cara Membuat "Scrambled Egg" ala Restoran

Kompas.com - 03/10/2019, 13:28 WIB
Scrambled egg ShutterstockScrambled egg

KOMPAS.com - Telur orak-arik alias scrambled egg sebenarnya sangat mudah dibuat, namun entah mengapa ketika menikmatinya di restoran atau hotel, rasanya lebih nikmat.

Nah, agar telur orak arik buatan kita sama enaknya, kamu bisa mengikuti resep dari beberapa chef yang dibagikan untuk Men's Health berikut dan eksperimen oleh editor Makanan dan Nutrisi Men's Health Paul Kita yang dituangkan ke bukunya "A Man, A Pan, A Plan".

1. Gunakan telur yang bagus

Usahakan memilih telur yang bagus dari supermarket segar. Telur-telur di supermarket umum biasanya kurang memiliki rasa. Telur yang baik memiliki ciri-ciri berwarna cerah, bersih dan kuat. Ketika dipecahkan, kuning telurnya kokoh dan memiliki warna oranye wortel hingga kuning menyerupai matahari pagi.

2. Gunakan mentega yang baik

Untuk membuat scrambled egg kita membutuhkan mentega. Mentega berkualitas memiliki rasa yang kaya dan creamy. Warnanya kuning tua, seperti telinga jagung di musim panas.

3. Masak dengan api kecil

Banyak orang tidak memasak telur dengan benar. Sebab, kebanyakan memasaknya di atas kompor dengan api besar. Artinya, telur akan lebih cepat matang namun kering seperti kertas.

Alasan utama mengapa diperlukan api sedang ke rendah adalah karena ada tingkat panas tersebut kita bisa mengacaukan proses pengentalan protein pada telur.

Scrambled egg bisa cepat berubah dari tidak matang ke bau basah aneh karena terlalu matang. Kamu bisa meminimalisasinya dengan berhati-hati dan tahu kapan telur harus diangkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X