Mengompol, Gangguan Urologi yang Bikin Malu Orang Dewasa

Kompas.com - 17/10/2019, 10:38 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Hanya bersin atau batuk-batuk tapi sudah bikin urine keluar sedikti di celana? Atau belum sempat sampai ke kloset tapi urine sudah mengalir? Jika iya, itu merupakan tanda gangguan berkemih.

Mengompol (inkontinensia) di malam hari juga termasuk dalam gangguan berkemih yang sering ditemui pada orang berusia lanjut.

“Sektiar 15-30 persen orang berusia lanjut yang dirawat di rumah mengalaminya,” kata dr.Alwyn G Samuel, spesialis urologi, dalam acara media edukasi yang diadakan oleh Confidence Popok Dewasa di Jakarta (16/10).

Walau tidak membahayakan nyawa, tetapi gangguan ini sudah tentu akan menurunkan kualitas hidup dan membuat malu penderitanya jika terjadi di luar rumah.

Gangguan berkemih ini disebabkan karena banyak hal, antara lain otot dasar panggul kendur, kandung kemih terlalu sensitif, gangguan saraf, hingga tekanan pada kandung kemih.

“Untuk terjadinya buang air kecil yang normal dibutuhkan mobilitas yang baik, keinginan untuk berkemih, hingga anatomi yang baik. Pada inkontinensia, semua itu terganggu,” paparnya.

Alwyn menegaskan, karena banyak dialami orang berusia lanjut, banyak yang menganggap bahwa gangguan berkemih merupakan hal yang wajar.

“Inkontinensia tidak pernah normal, sebenarnya ini penyakit,” ujarnya.

Pada beberapa kasus, baik pria maupun wanita mengalami gangguan pada kandung kemihnya. Kandung kemih yang berfungsi sebagai pompa bisa melemah saat memompa urine. Akibatnya, ketika berkemih, tak semua urine terbuang. Sisa inilah yang menyebabkan bolak-balik kencing.

Kebiasaan menahan pipis juga dapat memicu terjadinya gangguan berkemih. Selain dapat menyebabkan infeksi, kebiasaan ini juga dapat membuat otot kandung kemih menjadi lemas karena sudah teregang lama untuk menahan pipis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X