BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Soundrenaline

Panduan Menonton Festival Musik untuk Para Pemula

Kompas.com - 18/10/2019, 09:05 WIB
Ilustrasi menonton festival musik SHUTTERSTOCKIlustrasi menonton festival musik

KOMPAS.com - Sore itu, waktu sudah menunjukan pukul 18:40, namun Yuna (23) masih setia duduk di meja kerjanya. Padahal, teman-temannya sudah meninggalkan kantor sejak pukul 5 sore.

Yuna yang berprofesi di bidang public relation itu sedang menunggu dimulainya penjualan tiket sebuah festival musik. Rupanya, salah satu musisi yang akan tampil di festival tersebut merupakan artis favorit dirinya sejak lama.

Tepat pukul 7 malam, penjualan tiket secara resmi dibuka. Dengan cekatan, Yuna memilih tiket yang dia inginkan, mengisi data diri, dan melakukan pembayaran dalam waktu tak lebih dari 30 menit.

Betapa bahagianya Yuna karena akhirnya berhasil mendapatkan tiket festival yang diidam-idamkan. Namun, di antara kebahagiaannya itu terselip rasa khawatir. Sebabnya, festival itu menjadi pengalaman pertama bagi Yuna.

Dia khawatir karena tidak tahu apa yang harus dilakukan sebelum dan selama festival musik agar pengalaman pertamanya itu berjalan dengan menyenangkan.

Baca juga: Menilik A Camp, Kemah Bareng Musisi di Soundrenaline 2019

Festival musik memang sedikit berbeda dengan konser musik biasa. Melansir festiport.com, festival musik biasanya menampilkan banyak musisi, diselenggarakan di area yang sangat luas selama beberapa hari.

Karena waktunya yang cukup panjang itu, sebaiknya penonton festival musik memperhatikan beberapa hal agar kegiatan tetap menyenangkan.

Lalu, apa saja hal-hal yang perlu dipersiapkan oleh para pemula sebelum menonton festival musik?

Ulasan mengenai hal itu pernah dipaparkan oleh bupa.co.uk dalam artikel “Festival with Benefits: The Surprising Advantages of Going to a Music Festival”, Senin (2/7/2018).

Mengetahui jadwal acara

Sebelum berangkat ke festival musik, ada baiknya kamu mencari tahu jadwal penampilan musisi-musisinya, terutama musisi yang sangat ingin ditonton.

Pasalnya, panggung musisi-musisi terkenal biasanya akan sangat ramai dengan penonton. Dengan mengetahui jadwal penampilannya, kamu bisa masuk ke area panggung lebih dulu dan mendapat tempat terbaik.

Biasanya penyelenggara sudah memberitahukan jadwal setiap musisi beberapa hari sebelum acara dimulai. Informasi tersebut bisa diakses melalui website khusus atau media sosial penyelenggara.

Salah satunya ajang Soundrenaline 2019 yang telah rampung pada awal September lalu.

Festival yang diselenggarakan di Bali itu berlangsung selama dua hari, yakni 7-8 September 2019. Kali ini tema yang diusung adalah ‘Spirit of all Time’. Tema itu kemudian direfleksikan lewat suguhan line-up yang juga tak lekang oleh waktu.

Penampilan musisi asal Glasgow, Skotlandia Primal Scream di festival musik Soundrenaline yang diselenggarakan di Garuda Wisnu Kencana, Bali, pada 7-8 September 2019. Dok. Soundrenaline Penampilan musisi asal Glasgow, Skotlandia Primal Scream di festival musik Soundrenaline yang diselenggarakan di Garuda Wisnu Kencana, Bali, pada 7-8 September 2019.

Misalnya, dari musisi lokal ada Padi Reborn, Seringai, Project Pop, Efek Rumah Kaca, dan Kahitna. Sementara itu, untuk musisi internasional ada seperti Suede dan Primal Scream.

Gunakan tabir surya

Festival musik biasanya diselengarakan di area terbuka yang langsung terkena sinar matahari. Oleh karena itu, penting untuk melindungi diri dari paparan sinar ultraviolet agar kulit tidak terbakar.

Untuk itu, disarankan menggunakan sunscreen (tabir surya). Aplikasikan sunscreen 10-15 menit sebelum keluar ruangan dan aplikasikan ulang minimal 3 jam sekali. Pakai juga topi dan kaca mata hitam untuk perlindungan ekstra.

Gunakan pakaian nyaman

Ajang festival musik terkadang jadi tempat memamerkan outfit of the day (OOTD). Meski begitu, usahakan untuk menggunakan pakaian nyaman untuk bergerak dan dikenakan seharian.

Baca juga: Jamuan Masak Seniman Flux Cup dan Robby Navicula di Soundrenaline 2019

Kamu bisa memilih pakaian berbahan dasar katun lembut dan menyerap keringat. Biar tetap stylish, teknik layering dengan jaket atau outer dan kombinasi warna selaras patut untuk dicoba. Jangan lupa juga kenakan alas kaki nyaman, seperti sneakers.

Tetap berkumpul bersama

Festival musik biasanya dihadiri oleh ribuan orang dalam waktu bersamaan. Di tengah kondisi ramai seperti itu, tersesat atau terpisah dari rombongan sangat mungkin terjadi.

Untuk mengatasinya, kamu dan teman-teman bisa menyepakati satu titik pertemuan yang mudah dicari di tengah kerumunan orang. Bisa juga membuat sebuah grup percakapan agar tetap terhubung satu sama lain.

Nah, itu dia tips-tips menonton festival musik bagi para pemula agar kegiatan menonton festival musik tetap menyenangkan. Selamat bersenang-senang!


komentar di artikel lainnya