Hal yang Dilakukan Rinaldy Yunardi Kala Ide Kreatifnya Buntu

Kompas.com - 30/10/2019, 16:25 WIB
Desainer Rinaldy Yunardi tak kuasa menahan tangis haru saat menceritakan kembali penghargaan World of Wearable (WoW) Arts 2019 yang diraihnya pada 2019. KOMPAS.com/Nabilla TashandraDesainer Rinaldy Yunardi tak kuasa menahan tangis haru saat menceritakan kembali penghargaan World of Wearable (WoW) Arts 2019 yang diraihnya pada 2019.
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkecimpung di dunia desain aksesori selama 24 tahun membuat Rinaldy A. Yunardi sudah merasakan asam garam dalam berkarir.

Meski sudah lama berkarir sebagai desainer, kebuntuan ide juga masih dialaminya.

"Ada (buntu ide). Stuck ide buat saya semua (orang) akan alami. Itu normal," kata Rinaldy seusai konferensi pers di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (29/10/2019).

Desainer yang membuat aksesori pernikahan hingga aksesori fesyen dan interior ruang itu punya kebiasaan tersendiri yang dilakukan saat kehabisan ide kreatif.

Salah satunya adalah beristirahat sejenak.

"Kalau stuck gampang, tidur sejenak, nonton lah yang bisa mengundang (ide), menarik, atau lihat buku," tuturnya.

Baca juga: Makna Lady Warrior Rinaldy Yunardi, Peraih Penghargaan Internasional

The Lady Warrior karya Rinaldy A Yunardi di ajang WOW AwardsRinaldy A Yunardi The Lady Warrior karya Rinaldy A Yunardi di ajang WOW Awards
Selain itu, di kala tak memiliki ide untuk berkarya, Rinaldy juga kerap melihat-lihat kembali koleksi lamanya lalu mengevaluasi kembali apa yang perlu disempurnakan dari koleksi-koleksi tersebut.

Tak jarang ide juga datang dari ngobrol bersama teman-temannya, terutama sesama desainer.

Namun, desainer yang pernah merancang aksesori untuk sejumlah selebriti Hollywood itu merasa dirinya cukup beruntung karena ide-ide kreatif mudah didapatkannya.

Baginya, dunia desain adalah hal yang dicintainya sehingga setiap hari ia selalu meluangkan waktu untuk bereksperimen dan bereksplorasi.

"Buat saya berkarya tergantung pada hari ini. Bagaimana kita memberikan diri kita untuk berkarya," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X