Awas, 5 Makanan Ini Bisa Bikin Bad Mood

Kompas.com - 01/11/2019, 20:53 WIB
Ilustrasi makanan manis tataksIlustrasi makanan manis

KOMPAS.com - Makanan bukan hanya mengenyangkan, tapi juga bisa memengaruhi suasana hati.

Ketika mendapatkan makanan favorit, kita tentu akan merasa bahagia. Tapi hati-hati, ada makanan yang sebenarnya bisa membuat kita bad mood.

Pasalnya, makanan memengaruhi neurotransmitter di otak. Bahan kimia penting ini telah dikaitkan dengan emosi atau perasaan.

Sebagai contoh, neurotransmitter serotonin membantu orang tetap rileks. Ada juga dopamin yang bisa meningkatkan fokus.

Apa yang kita makan memainkan peran penting dalam fungsi bahan kimia di otak. Makanan bisa memberi bahan pembangun neurotransmiter atau justru mengganggu keseimbangan di otak, yang keduanya tentu akan memengaruhi suasana hati.

Baca juga: Jernihkan Hari dengan Cara Memperbaiki Mood Berikut Ini

Makanan cepat saji dan makanan yang dipanggang diyakini dapat memengaruhi otak secara negatif.

Studi menunjukkan, bahwa produk makanan ultra proses dapat berkontribusi terhadap depresi, agresi, kecemasan, dan kondisi mental lainnya.

Ada juga makanan yang biasa dikonsumsi orang, tapi sebenarnya memiliki dampak buruk pada suasana hati. Berikut ini 5 makanan yang bisa menyebabkan suasana hati menjadi buruk:

1. Makanan Manis

Banyak orang menyukai makan makanan dengan tambahan gula atau pemanis buatan. Selain tampilannya menarik, umumnya makanan manis juga memiliki rasa yang enak.

Namun, konsumsi makanan tinggi gula dapat memicu kecemasan, mudah marah, dan depresi. Terlalu banyak gula dalam tubuh juga dapat mengganggu kemampuan melawan stres.

Tak hanya itu, pemanis buatan juga dikaitkan dengan sakit kepala, gangguan mood, pusing, dan migrain.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X