Kompas.com - 28/11/2019, 07:25 WIB

KOMPAS.com - Kita semua sebenarnya pernah berbicara pada diri sendiri, sekalipun dilakukan dalam hati, misalnya untuk memotivasi maupun mengutuk diri sendiri karena melakukan satu kesalahan

Sesekali, cobalah untuk bicara dengan diri dengan suara keras. 

Pada dasarnya, berbicara dengan suara keras adalah perpanjangan dari pembicaraan batin yang kita miliki dengan diri kita sendiri.

Walaupun berbicara kepada diri sendiri dengan keras mungkin membuat kita tampak agak aneh, namun hal itu sebetulnya membawa dampak positif terhadap kesehatan mental kita.

Yang terjadi ketika bicara pada diri sendiri

Mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran dapat membantu kita melepaskan pikiran dan fokus dengan cara yang lebih baik. Ketika kamu mengungkapkannya dengan keras, artinya kamu mulai memprioritaskan pekerjaanmu.

Lebih dari itu, artinya kamu juga mengambil kontrol atas perilaku dan mampu mengorganisir pikiran, ingatan dan rencana secara efektif.

Baca juga: 7 Mental Habit yang Menjauhkan Kebahagiaan

1. Membantu meraih target

Tidak seperti persepsi umum, bicara pada diri sendiri bukanlah tanda hilangnya kesehatan jiwa. 'Pep talk' alias kalimat singkat dengan diri sendiri serta mengulang afirmasi positif di depan kaca bisa sangat membantu kita dalam meraih target.

Inilah alasannya sejumlah atlet, khususnya pemain tenis, dikenal sering mengucapkan "ayo" dan "kamu bisa melakukannya" pada diri mereka sendiri saat menghadapi pertandingan krusial.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.