Manfaat Air Cucian Beras yang Kamu Perlu Tahu

Kompas.com - 29/11/2019, 05:41 WIB
ilustrasi mencuci beras shutterstockilustrasi mencuci beras
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jika kamu terbiasa membuang air cucian beras, mulai besok tampung air tersebut dalam wadah. Pasalnya, air ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan.

Seperti namanya, air cucian beras adalah air yang didapat setelah kita mencuci beras. Wanita di Tiongkok, Jepang, dan negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia telah menjadikan air ini sebagai salah satu bentuk perawatan kulit dan rambut.

Bedakan air cucian beras dan air tajin. Air tajin adalah air berwarna putih atau kekuningan yang kental ketika kita menanak nasi. Air ini adalah air matang karena telah dimasak pada proses membuat nasi.

Manfaat air cucian beras

Air cucian beras digadang-gadang mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna bagi kesehatan. Kandungan nutrisi dalam air cucian beras, yaitu asam amino, vitamin B dan E, mineral, serta zat antioksidan.

Jangan gunakan air cucian beras pertama saat masih kotor. Sebaiknya pastikan beras sudah bersih, lalu ambil airnya dari cucian beras terakhir.

Berdasarkan kandungan tersebut, manfaat air cucian beras yang dapat kita nikmati, yakni:

Mencerahkan kulit

Menggunakan air cucian beras untuk mandi atau membasuh muka dapat membuat kulit lebih cerah dan menyamarkan noda hitam.

Bahkan, banyak produk kecantikan yang sudah menggunakan air cucian beras ini sebagai bahan tambahan, misalnya pada sabun, toner, dan krim.

Mencerahkan kulit hitam akibat sinar matahari

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X