Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan agar Tak Selalu Merasa Lesu

Kompas.com - 11/12/2019, 09:03 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengantuk adalah hal biasa yang kita rasakan. Tetapi selalu merasa kelelahan bisa disebabkan oleh stres, rasa sakit, atau pilihan gaya hidup yang buruk. Rasa lelah berkepanjangan biasanya datang dengan rasa letih dan lesu.

Bila letih dan lesu dibiarkan, hal ini bisa mengganggu produktivitas. Konsentrasi juga bisa rusak karena tubuh yang tak siap diajak beraktivitas.

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, agar tak terus-menerus merasa kelelahan dan terlihat lesu. Berikut di antaranya:

1.Cari tahu apakah kamu lelah atau mengantuk

"Penting untuk mengetahui bahwa ada perbedaan antara kelelahan dan kantuk," kata Hugh Selsick, ketua Sleep Working Group di Royal College of Psychiatrists.

Kelelahan adalah, saya kurang energi dan konsentrasi, saya mudah tersinggung. Saya tidak termotivasi. Kantuk, bagaimanapun, adalah saya berjuang untuk tetap terjaga. Ketika saya duduk di bus saya tertidur.

"Kantuk biasanya merupakan tanda gangguan tidur atau kurang tidur, sedangkan kelelahan bisa disebabkan oleh banyak hal - stres, rasa sakit, anemia atau masalah hormon yang paling umum,” kata Selsick lagi.

Jika kamu memiliki masalah dengan tidur, Selsick merekomendasikan untuk mendapatkan bantuan spesialis melalui dokter umum.

Baca juga: Trik Mengusir Godaan Kantuk dan Lesu di Siang Hari

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com