Makan Satu Butir Telur Setiap Hari Terbukti Memacu Pertumbuhan Anak

Kompas.com - 06/02/2020, 23:25 WIB
Ilustrasi telur rebus AmaritaIlustrasi telur rebus

KOMPAS.com - Mengonsumsi telur sehari dapat secara signifikan meningkatkan pertumbuhan dan mengurangi risiko stunting hingga 47 persen pada anak-anak, demikian temuan sebuah penelitian.

Penulis utama penelitian Lora Iannotti dari Universitas Washington di St. Louis mengatakan, telur adalah makanan yang terjangkau dan mudah diakses.

"Ini bisa menjadi sumber nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan pada anak-anak dan memiliki potensi untuk berkontribusi dalam mengurangi stunting di seluruh dunia," ujar Iannoti.

Baca juga: Berapa Banyak Protein dalam Telur? Simak Fakta Nutrisinya...

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics ini menunjukkan, bahwa anak-anak yang makan satu telur per hari memiliki pengurangan prevalensi pengerdilan sebesar 47 persen dan kekurangan berat badan sebesar 74 persen.

Untuk penelitian ini, tim peneliti mengikutsertakan anak-anak berusia enam hingga sembilan bulan untuk diberi satu telur per hari selama enam bulan, dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak menerima telur.

"Kami terkejut dengan betapa efektifnya intervensi ini terbukti. Ukuran efeknya adalah 0,63 dibandingkan dengan rata-rata global 0,39," jelas Iannotti.

"Pemberian telur bisa menjadi cara yang murah untuk mencegah stunting," imbuhnya.

Telur adalah makanan bergizi lengkap, dikemas dengan aman, dan bisa dibilang lebih mudah diakses di populasi miskin sumber daya, dibandingkan makanan pelengkap lainnya, khususnya makanan yang diperkaya.

"Telur tampaknya menjadi sumber nutrisi yang layak direkomendasikan untuk anak-anak di negara berkembang," pungkasnya.

Baca juga: Makan Telur Sehari Sebutir Bisa Memperpanjang Usia...



Sumber Boldsky
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X