Kompas.com - 20/02/2020, 21:54 WIB
Artis musik Demi Lovato Instagram/Demi LovatoArtis musik Demi Lovato

KOMPAS.com - Jika dilihat sekilas, Demi Lovato tampak menjalani kehidupan yang diimpikan banyak wanita. Ia cantik, kariernya terus meroket, dan baru saja menerima penghargaan tertinggi dalam dunia musik, Grammy Award.

Namun, pelantun Anyone berusia 27 tahun ini sejak lama mengalami pergulatan dengan body image dan penerimaan diri. 

Ia mengungkapkan hal itu kepada model Ashley Graham dalam podcast.

Lovato menderita overdosis obat pada Juli 2018 yang didahului oleh perjuangannya dengan gangguan makan dalam bentuk obsesi makan sehat dan olahraga.

"Saya pikir beberapa tahun terakhir adalah pemulihan dari gangguan makan ketika saya benar-benar jatuh ke dalam hal itu," kata Lovato kepada Graham di podcast.

Baca juga: 9 Hal Yang Harus Kamu Ketahui tentang Gangguan Makan

Kecanduan olahraga 

Lovato mengatakan, selama puncak gangguan makan yang dialami, ia berolahraga sebanyak tiga kali sehari. Termasuk setiap selesai makan makan, di mana hal itu mengganggu aktivitas lain dalam hidupnya.

"Ada kalanya saya tinggal di gym. Saya makan, lalu berolahraga. Dan itu bukan kebahagiaan bagi saya, itu bukanlah kebebasan," ujarnya.

Paksaan untuk berolahraga ini dikenal sebagai kecanduan olahraga. Mereka yang mengalaminya bisa berolahraga hingga pada titik cedera, mengorbankan kesehatan, hubungan sosial, bahkan keuangan.

Meski dapat terjadi dengan atau tanpa gangguan makan, penelitian menemukan, orang dengan gangguan makan empat kali lebih mungkin kecanduan olahraga dibandingkan orang normal.

Baca juga: Gangguan Makan: Penyebab dan Jenisnya

Penyanyi Demi Lovato untuk pertama kalinya kembali tampil setelah overdosis pada 2018. Ia tampil penuh emosional pada Grammy Awards ke-62 2020.Kevin Winter/GETTY IMAGES Penyanyi Demi Lovato untuk pertama kalinya kembali tampil setelah overdosis pada 2018. Ia tampil penuh emosional pada Grammy Awards ke-62 2020.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X