Apgar Score, Tes Pertama Bayi yang Tidak Boleh Terlewat

Kompas.com - 03/03/2020, 20:14 WIB
Ilustrasi bayi baru lahir. ShutterstockIlustrasi bayi baru lahir.


KOMPAS.com - Jika ibu melahirkan di rumah sakit, ada beberapa jenis tes skrining bagi bayi baru lahir yang akan dilakukan. Tujuannya adalah untuk menemukan dan mengobati masalah kesehatan tertentu yang tidak selalu terlihat saat lahir.

Deteksi dini dapat membantu mencegah atau mengurangi efek dari kondisi kesehatan tersebut.

Salah satu tes tersebut bernama Apgar Score. Para dokter telah menggunakan tes ini di ruang bersalin sejak 1952.

Apgar Score dikembangkan oleh Dr Virginia Apgar, seorang ahli anestesi obstetri perintis yang khawatir tentang bagaimana skopolamin dan anestesi kuat lainnya yang diberikan kepada ibu hamil dalam persalinan akan berdampak pada bayi mereka.

Apa itu Apgar Score?

Saat mendapatkan Apgar Score, bayi baru lahir akan mengikuti tes pertama satu menit setelah dilahirkan, lalu diulangi dan dievaluasi lima menit dan diulang pada 10, 15, 20 menit hingga kondisi bayi stabil.

Apgar Test akan melihat kondisi bayi dari Appearance, Pulse, Grimace, Activity and Respiration (warna kulit, detak jantung, refleks, aktivitas otot, dan pernapasan) dan diberi skor nol hingga 10.

Baca juga: Manfaat Menunda Memandikan Bayi Baru Lahir

Inti dari praktik ini adalah memberi tahu dokter seberapa baik bayi baru lahir beralih ke kehidupan di luar rahim dan apa saja perawatan yang harus dilakukan dengan segera.

Jay P. Goldsmith, M.D., profesor pediatri di Universitas Tulane dan anggota American Pediatric Academy Committee menyarankan agar ibu tetap tenang dan tidak terlalu khawatir tentang hsail dari Apgar Score.

"Dr. Apgar berusaha membuat orang memerhatikan kesejahteraan bayi dalam lima menit pertama kehidupan mereka,” ujarnya.

Dikutip dari American Academy of Family Physicians, sangat jarang bayi mendapatkan nilai 10, setidaknya pada percobaan pertama.

Kebanyakan bayi perlu beberapa menit untuk melakukan pemanasan, mengatur pernapasannya, dan beradaptasi dengan diri mereka di lingkungan luar rahim.

Skor 7 biasanya merupakan hasil bagus. Skor kurang dari 7 berarti bayi mungkin memerlukan perawatan tambahan, misalnya membutuhkan oksigen. Sebagian besar bayi memiliki kondisi yang sehat setelah tes Apgar Score.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X