Tak Sakit dan Mudah, Perempuan Tak Perlu Takut Tes HIV

Kompas.com - 06/03/2020, 16:49 WIB
Aktris sekaligus UNAIDS National Goodwill Ambassador for Indonesia Atiqah Hasiholan ketika mempraktikkan tes HIV di RS St. Carolus, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2020). KOMPAS.com/Nabilla TashandraAktris sekaligus UNAIDS National Goodwill Ambassador for Indonesia Atiqah Hasiholan ketika mempraktikkan tes HIV di RS St. Carolus, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2020).

KOMPAS.com - Saat ini masih banyak orang --terutama perempuan, yang masih takut melakukan tes Human Immunodeficiency Virus ( HIV).

Salah satunya karena HIV kerap diasosiasikan dengan stigma tertentu di masyarakat.

Padahal, melakukan tes HIV sedini mungkin membuat kita bisa mengetahui status dengan segera. Sehingga, jika hasilnya positif ada sejumlah langkah yang bisa langsung dilakukan.

Baca juga: Tahun Depan, Calon Pengantin di Cianjur Wajib Tes HIV

Miss Universe 2015 sekaligus UNAIDS Goodwill Ambassador for Asia and the Pacific, Pia Wurtzbach mengimbau masyarakat, khususnya perempuan untuk segera melakukan tes HIV.

Tes bahkan bisa dilakukan di Puskesmas secara gratis.

"Tes ini tidak sakit, gratis dan hasilnya dirahasiakan. Bahkan ketika kamu berpikir tidak ada di posisi berisiko, kamu perlu melakukannya demi merawat diri dan orang-orang di sekitarmu."

Begitu kata Pia ketika ditemui di RS St. Carolus, Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2020).

Pia menambahkan, tes dilakukan sebagai tindakan pencegahan. Jika hasil tes positif, maka kita bisa mencari dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga: Sebagian Milenial Masih Percaya HIV Bisa Menular Lewat Pelukan

Misalnya, dapat segera meminum obat antiretroviral (ARV).

Melalui pengobatan ARV yang konsisten, perempuan yang hidup dengan HIV dapat hidup sehat, menikah, merencanakan kehamilan, serta mencegah penularan HIV pada anak.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X