Kompas.com - 11/03/2020, 09:13 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Orangtua tentu ingin membantu anak menemukan ketertarikannya di bidang tertentu, salah satunya dengan tes minat bakat.

Susah-susah gampang menemukan minat dan bakat anak, terlebih mereka masih berada di usia eksplorasi berbagai hal baru di sekitarnya.

Tes minat bakat sebenarnya bukan kewajiban, namun dapat membantu orangtua dan juga anak menemukan apa ketertarikan mereka yang sesungguhnya.

Dalam tes minat bakat, sudah ada prosedur yang dilakukan untuk menilai apa preferensi anak. Hal ini tentu lebih akurat ketimbang hanya bertanya pada anak berdasarkan pengalaman mereka.

Bahkan sejak kecil pun, orangtua tentu sudah mengidentifikasi ketertarikan mereka. Mungkin ada anak yang suka sekali dengan dunia luar angkasa, kehidupan dinosaurus di masa lalu, atau hobi berkreasi di area terbuka.

Mengetahui minat dan bakat anak, akan membantu memutuskan banyak hal. Mulai dari mengetahui tipe kecerdasan anak, memilih buku atau media belajar yang tepat, hingga menentukan jurusannya kelak ketika akan melanjutkan ke bangku kuliah.

Baca juga: Mengarahkan Bakat dan Potensi Generasi Z

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu, apa yang bisa dilakukan orangtua?

1. Fokus pada minat dan bakat anak

Perkenalkan sebanyak mungkin hal baru kepada anak untuk membantu mereka mengidentifikasi mana yang paling menarik minat dan mengasah bakatnya. Jangan melulu berkutat pada satu bidang saja, eksplorasi hal sebanyak mungkin.

Semakin luas spektrum yang dikenal anak mulai dari fisik, intelektual, hingga kreativitas, maka bisa dibuat urutan mana yang paling menarik minat dan bakat mereka. Untuk memastikannya, baru bisa dilakukan tes minat dan bakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.