Tak Perlu "Panic Buying", Ini Daftar Stok Makanan yang Diperlukan

Kompas.com - 18/03/2020, 17:14 WIB
epaselect epa08163556 A masked shopper looks at the empty baskets on a counter in a supermarket in Wuhan in central Chinas Hubei province 25 January 2020. The city struck by the 2019-nCoV virus will ban private traffic starting on Sunday, prompting citizens to a shopping spree of necessities and groceries.  EPA-EFE/YUAN ZHENG CHINA OUT YUAN ZHENGepaselect epa08163556 A masked shopper looks at the empty baskets on a counter in a supermarket in Wuhan in central Chinas Hubei province 25 January 2020. The city struck by the 2019-nCoV virus will ban private traffic starting on Sunday, prompting citizens to a shopping spree of necessities and groceries. EPA-EFE/YUAN ZHENG CHINA OUT

KOMPAS.com - Kelangkaan bahan pokok dan kebutuhan lainnya terjadi di beberapa negara terdampak virus corona imbas dari perilaku panic buying.

Fenomena panic buying sebetulnya bisa dipahami. Mengingat ada banyak masyarakat yang terpaksa terkurung di rumah karena kebijakan karantina dan lockdown dari otoritas pemerintah. 

Membeli persediaan dalam jumlah sedikit lebih banyak memang diperlukan, namun ingatlah untuk tidak melakukan panic buying dan pada akhirnya membeli barang-barang yang tidak perlu.

Editor at large Bon Appetit sekaligus penulis buku memasak, Carla Lalli Music membagikan daftar bahan makanan apa saja yang kita butuhkan di rumah di tengah pandemi global seperti saat ini.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat stok bahan makanan yang sekarang ada di rumah dan melengkapi sisanya:

1. Minyak goreng

Minyak goreng sebagai bahan masakan utama adalah salah satu hal penting yang harus selalu tersedia. Jika memiliki uang lebih, kamu bisa membeli minyak untuk keperluan memasak berbeda. Misalnya, minyak zaitun untuk celupan atau finishing makanan, minyak netral seperti minyak sayur untuk memasak dan memanggang, dan minyak lainnya sesuai kebutuhan.

Baca juga: Sup Ayam dan Makanan Lain yang Bisa Tingkatkan Imunitas

2. Bahan pokok

Kamu bisa membeli beras atau opsi sehat lainnya, seperti beras merah, gandum utuh, kacang-kacangan, atau bahan kering lainnya. 

3. Makanan pelengkap

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X