Kenali Meningitis, Penyakit yang Diidap Glenn Fredly Sebelum Meninggal

Kompas.com - 09/04/2020, 11:31 WIB
Penyanyi Glenn Fredly tampil dalam Pekan Kebudayaan Nasional di istora Senayan Jakarta, Jumat (11/10/2019). KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOPenyanyi Glenn Fredly tampil dalam Pekan Kebudayaan Nasional di istora Senayan Jakarta, Jumat (11/10/2019).
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Musisi senior Tanah Air, Glenn Fredly, meninggal pada Rabu (8/4/2020) akibat meningitis. Ia sempat dirawat di rumah sakit selama satu bulan sebelum menghembuskan napas terakhirnya.

Meningitis adalah peradangan pada meninges, atau tiga membran yang melindungi otak dan saraf tulang belakang. Meningitis dapat terjadi saat cairan yang menyelimuti meninges terinfeksi.

Sebenarnya, apa penyebab dan gejala meningitis yang menyebabkan Glenn Fredly meninggal dunia?

Menurut pihak keluarga, Glenn Fredly sempat dirawat di Rumah Sakit Setia Mitra, Cilandak, Jakarta Selatan, sebelum meninggal dunia pada pukul 18.47 WIB dalam usia 44 tahun.

Penyanyi yang 5 kali meraih penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards ini memang sempat mengeluhkan kondisi kesehatannya, tapi masih bisa beraktivitas seperti biasa.

Namun sekitar satu bulan terakhir, Glenn Fredly semakin merasa tidak nyaman dengan penyakitnya, sehingga meminta untuk dirawat inap di rumah sakit.

Sebenarnya, meningitis dapat disebabkan oleh infeksi virus ataupun bakteri. Meski begitu, masih ada beberapa penyebab lain yang bisa membuat seseorang mengalami meningitis, yaitu:

  • Kanker
  • Infeksi jamur
  • Infeksi parasit
  • Alergi obat
  • Iritasi kimia

Bahkan, beberapa virus dan bakteri yang menyebabkan meningitis dapat menular melalui batuk, bersin, atau kontak langsung.

Gejala meningitis pun bisa berbeda-beda, tergantung infeksi yang menyebabkannya. Namun pada fase awalnya, gejala meningitis yang disebabkan oleh virus dan bakteri sangatlah mirip.

Meski begitu, meningitis yang terjadi akibat bakteri dipercaya memiliki gejala yang lebih parah. Gejala meningitis juga beragam tergantung usia penderitanya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X