Kompas.com - 16/04/2020, 20:07 WIB
Aktris senior Korea Selatan, Kim Hee Ae. SoompiAktris senior Korea Selatan, Kim Hee Ae.

KOMPAS.com— Drama perselingkuhan The World of The Married sukses membuat penonton geregetan.

Drama ini menceritakan sebuah kisah menyakitkan yang dialami seorang dokter bernama Sun Woo, yang diperankan Kim Hee-ae. Ia diselingkuhi suaminya, Lee Tae Oh, diperankan oleh aktor Park Hae-joon, dengan wanita muda yang bernama bernama Yeo Da Kyung yang diperankan Han So Hee.

Dari serial yang memiliki rating tertinggi di Korea ini, rupanya banyak pelajaran yang bisa diambil untuk hubungan dengan pasangan.

Psikolog keluarga dan pernikahan, Nadya Pramesrani M. Psi, mengatakan, bahwa drama ini bisa dijadikan bahan untuk melakukan evaluasi dalam hubungan.

"Mungkin kalau nonton, yang terjadi lebih sering mengevaluasi hubungan,” ujar Nadya pada Kompas.com dalam wawancara melalui sambungan telepon, Kamis (16/4/2020).

Evaluasi dalam hubungan bisa dilakukan dengan melihat lebih dalam apakah ada masalah yang bisa menjadi celah timbulnya ketidakpuasan dengan pasangan.

“Jadi supaya tidak jadi toksik, kita bisa jadikan itu ruang tumbuh dan bukan jadikan itu sebagai bom waktu atau duri,” ungkapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Tanda Fisik Korban Hubungan Tidak Sehat

Menonton drama tentang perselingkuhan rupanya tidak akan menjadikan kita curiga berlebih pada pasangan.

Kewaspadaan dan kecurigaan justru terjadi saat kamu mendengar kisah perselingkuhan di lingkaran pertemanan dekat.

“Apalagi kalau si oknum yang ketahuan berselingkuh itu berteman sama pasangan kita. Karena seringkali seorang dipengaruhi pertemanannya,” ucapnya.

Untuk itu, menonton drama perselingkuhan sebenarnya juga bisa menjadi bahan evaluasi kita dalam menjaga hubungan.

Setelah mengevaluasi, kamu dan pasangan kemudian bisa mencari jalan keluar bersama dengan melakukan diskusi yang sehat.

“Itu bukan untuk ditakuti, tapi itu bagus untuk kamu mengetahui hal itu. So, before it’s too late, sebelum jadi masalah, bisa dicari tahu pemicu masalahnya. Dari sekarang bisa melakukan sesuatu untuk mencegah hal itu,” imbuh Nadya.

Baca juga: Drakor World of the Married Raih Rating Tertinggi di Korea

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.