5 Tanda Fisik Korban Hubungan Tidak Sehat

Kompas.com - 08/04/2020, 09:57 WIB
Ilustrasi sakit kepala shutterstockIlustrasi sakit kepala

KOMPAS.com -Pikiran dan tubuh kita memiliki hubungan sangat erat, dan seringkali gejala fisik bisa menjadi tanda dari lingkungan emosional kita yang kurang baik.

Tubuh kita seringkali menunjukkan apa yang sedang diwaspadai oleh alam bawah sadar kita. Namun, pikiran kognitif kita mungkin tidak menyadarinya.

Hal ini bisa juga dialami oleh orang-orang yang menjalani hubungan tidak sehat. Mereka bisa saja mengalami rasa sakit, cemas serta gangguan memori dan bicara.

Terapis berlisensi, Shannon Thomas menjelaskan kepada Insider bahwa banyak kliennya yang berada dalam hubungan tidak sehat, seperti mengalami kekerasa fisik atau verbal dari pasangannya, berakhir merasakan sejumlah gejala fisik namun secara medis tidak ada penjelasan yang jelas.

"Rentang spektrumnya luas, namun setiap orang memiliki manifestasi kekerasan fisik," ungkapnya.

Seringkali seseorang bertahan dengan pasangannya yang kasar karena sesuatu yang disebut "trauma bonding".

Secara singkat kondisi ini terjadi ketika pihak yang melakukan kekerasan memberikan stimulasi pada pasangannya berupa hukuman, namun sesekali juga memberikan kekuatan serta kebaikan ketika pasangannya itu mengikuti apa yang mereka mau.

Baca juga: Apa Saja Ciri Orangtua Toksik

Situasi itu membuat tubuh seseorang berada pada keadaan tak menentu, dengan kadar hormon kortisol (hormon stres) dan adrenalin tinggi, serta dopamin (hormon senang) ketika afeksi diberikan sebagai "hadiah".

"Ada level adrenalin dan kortisol tinggi yang ada dalam tubuh. Dan ketika kamu mendapatkan kombinasi aliran zat kimia itu dalam tubuh, tubuh akan bereaksi dan timbullah gejala fisik itu," ungkap Thomas.

Lalu, apa saja gejala fisik yang biasa dirasakan?

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X