Kompas.com - 24/04/2020, 13:50 WIB
Masker kain SHUTTERSTOCKMasker kain

KOMPAS.com - Masker perlu dicuci secara rutin. Ketika mencuci masker wajah, hindari menyentuh mata, hidung atau mulut, serta selalu rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

Selain itu, kita perlu juga memerhatikan tahapan pencucian yang tepat agar kuman dan virus pada masker kain hilang secara maksimal.

Baca juga: Beruntusan Gara-gara Sering Pakai Masker Wajah, Bisakah Diatasi?

Simak tahapan sederhana berikut:

1. Air panas

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, menaruh masker kain di mesin cuci seharusnya cukup untuk mensterilisasinya.

Namun, Direktur Lab Pembersihan Good Housekeeping Institute menyarankan agar masker wajah tersebut dicuci dengan air panas di dalam mesin cuci.

Setelah itu, keringkan masker dengan suhu tinggi. Sementara, masker kain yang bahannya lebih lembut mungkin perlu dicuci menggunakan tangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ingatlah bahwa kunci untuk mematikan kuman adalah panas, termasuk untuk membunuh kuman atau virus yang mungkin ada pada masker wajah yang kita kenakan.

Baca juga: Apa Bahan Terbaik untuk Dijadikan Masker Wajah

Sebuah penelitian menemukan, air yang dipanaskan hingga di atas 60 derajat celcius secara efektif mampu membunuh kebanyakan virus.

2. Deterjen dengan pemutih

Ketika mencuci masker, gunakan deterjen dengan pemutih atau bahan aktif lainnya untuk memastikan semua mikroba yang mungkin ada pada masker mati.

Mencuci masker kain harus mengikuti rutinitas yang sama seperti layaknya mencuci pakaian dalam.

Demikian dikatakan Direktur Pusat Kepemimpinan untuk Penelitian Pendidikan Keperawatan di Universitas Widener, Darrell Spurlock.

"Ganti secara rutin secara berkala dan ketika kotor," ungkap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.