Cegah Bibir Kering dan Pecah-Pecah Selama Bulan Ramadhan

Kompas.com - 28/04/2020, 20:12 WIB
Ilustrasi bibir kering, bibir pecah-pecah ShutterstockIlustrasi bibir kering, bibir pecah-pecah

 

KOMPAS.com - Selama bulan Ramadhan, salah satu keluhan yang sering muncul adalah bibir  kering dan pecah-pecah karena berpuasa.

Bibir sangat rentan karena tidak seperti area kulit lainnya, mereka tidak memiliki kelenjar minyak dan keringat untuk menjaga kelembapannya.

Selain itu, kulit di bibir kita 15 kali lebih tipis dari kulit di tubuh kita, sehingga membutuhkan perawatan dan perlindungan ekstra, terutama selama bulan puasa ketika tingkat hidrasi berada pada titik terendah.

Baca juga: 5 Cara Mencegah dan Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Untungnya, ada beberapa cara untuk membantumu melawan kulit yang keriput, dehidrasi, dan bibir kering.

1. Minum banyak air

Cara terbaik untuk memerangi bibir kering dan pecah-pecah adalah dengan meningkatkan asupan air selama berbuka puasa dan sahur.

Secara umum, minum dua liter air per hari akan membuatmu tetap terhidrasi.

Masukkan sup, sayuran dan buah yang mengandung banyak air, serta teh herbal ke dalam makananmu saat sahur dan berbuka. Menu itu akan berkontribusi terhadap total asupan cairan, selain meminum air.

2. Cobalah lip scrub

Pengelupasan bibir membuatnya lebih lembut dan terhidrasi, tanpa menghilangkan kelembaban alami mereka.

Kamu bisa membuat scrub bibir sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan dapur seperti madu dan gula.

Kamu dapat meramu scrub dengan mengombinasikan madu, minyak kelapa, dan gula mentah dengan jumlah yang sama dan dengan lembut mengoleskan campuran itu ke bibir.

Baca juga: Victoria Beckham Ungkap Rahasia Tampilan Bibir yang Penuh...

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X