Anak Sering Main Gadget Selama Karantina, Kapan Harus Khawatir?

Kompas.com - 09/05/2020, 11:41 WIB
Ilustrasi anak dan gadget shutterstockIlustrasi anak dan gadget

KOMPAS.com – Sudah hampir dua bulan kita menjalani kehidupan “normal” baru dengan melakukan pekerjaan, sekolah, dan berbagai aktivitas lain dari rumah. Sebagian besar dilakukan menggunakan perangkat gadget.

Jika sebelum masa karantina kebanyakan orangtua membatasi waktu pemakaian gadget untuk anak-anaknya, kini hal itu sulit untuk dilakukan. Perasaan cemas pun menghantui, khawatir akan dampaknya jika anak terus-terusan di depan gadget.

Teknologi informasi tidak hanya kita pakai untuk bekerja atau anak-anak belajar, tapi juga terhubung dengan orang lain di luar rumah agar kita tak terlalu merasa terisolasi dan kesepian.

Itu sebabnya, demi kesehatan mental, jangan terlalu memusingkan durasi penggunaan gadget selama pandemi ini. Lantas, kapan kita perlu menerapkan batasan?

Hal yang pertama perlu dipahami adalah fakta bahwa setiap orang berusaha beradaptasi dengan kondisi ini. Bahkan dengan berbagai undangan untuk hangout di Zoom atau main game online bersama kerabat di kota lain, banyak orang masih merasa ini tak bisa menggantikan pertemuan fisik.

Baca juga: Pakai Gadget Tak Kurangi Kemampuan Sosial Anak

Karenanya, cobalah berkompromi dengan anak dan menurunkan “standar ideal” tentang pemakaian gadget di masa karantina ini.

Sebagian besar dari kita belum pernah berada dalam situasi seperti ini sebelumnya. Jika kita berusaha menerapkan pola pikir yang sama seperti sebelum pandemi, kita akan stress sendiri.

Berkaitan dengan penggunaan gawai, orangtua bisa mulai membuat jadwal kegiatan untuk seluruh anggota keluarga yang memasukkan waktu pemakaian gadget dan juga bebas gadget.

Secara umum, cobalah terapkan kapan waktu bekerja dan istirahat, keluar lingkungan rumah sebenar, dan terkoneksi dengan orang lain, baik online atau offline.

Baca juga: 6 Tips Mengajarkan Manajemen Waktu pada Anak Selama Masa Karantina

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Psycom
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X