Kompas.com - 05/05/2020, 20:43 WIB

KOMPAS.com - Menjadi orangtua bagi anak-anak adalah pekerjaan yang tidak mudah. Apalagi, dengan adanya pandemi virus corona yang sedang berlangsung, orangtua diharuskan sekaligus menjadi guru bagi anak-anak – selama masa karantina untuk mencegah penyebaran virus corona.

Hal ini membuat anak-anak yang berusia lebih kecil dan tidak memiliki pengalaman belajar online lebih bergantung pada bantuan orangtua.

Efeknya tentu saja memengaruhi rutinitas keluarga, orangtua harus mengelola urusan rumah, pekerjaan kantor, dan kehidupan sekolah anak.

Baca juga: 7 Tanda Masalah Mental pada Anak yang Harus Diwaspadai Selama Pandemi

Di masa karantina seperti sekarang ini, satu keterampilan berharga yang dapat diajarkan kepada anak-anak adalah manajemen waktu yang efektif.

Semakin baik orangtua membantu anak-anak mengelola waktu mereka sejak dini, semakin mudah bagi mereka untuk mencapai tujuannya.

Selain itu, hal tersebut juga akan mengurangi stres tentang bagaimana tahun ajaran ini dapat memengaruhi kinerja akademik anak-anak, serta kesejahteraan mereka secara keseluruhan dalam jangka panjang.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu mengatur waktu anak secara efektif saat harus beraktivitas di rumah selama masa karantina:

1. Luangkan Waktu untuk Mendiskusikan Rencana

Luangkan waktu selama akhir pekan untuk mengobrol dengan anak-anak dan mendiskusikan rencana untuk minggu yang akan datang.

Gunakan kalender untuk merencanakan tugas harian dan mingguan. Gunakan metode pelacakan waktu seperti stopwatch untuk mengetahui berapa lama waktu untuk menyelesaikan satu tugas atau pekerjaan rumah, dibandingkan dengan berapa lama anak-anak berpikir untuk menyelesaikan tugas itu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.