Kompas.com - 14/05/2020, 14:00 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Di saat seseorang pingsan dan tidak dapat bernapas secara normal, metode CPR (cardiopulmonary resuscitation) bisa membantu menyelamatkan hidup, sebelum petugas kesehatan tiba di tempat.

CPR biasanya dilakukan dengan cara memeriksa saluran udara korban, melakukan kompresi dada, dan memberikan napas penyelamatan dari mulut ke mulut.

Namun, di tengah pandemi virus corona, melaksanakan tahap standar CPR dapat meningkatkan risiko penyebaran infeksi.

Baca juga: Pedoman CPR untuk Serangan Jantung

Oleh karena itu, beberapa organisasi telah mengeluarkan pedoman terbaru tentang cara melakukan CPR dalam kondisi saat ini.

Health and Safety Executive (HSE) di Irlandia menyatakan, jika seseorang pingsan di tempat umum, kita harus memeriksa tanda-tanda kehidupan dan napas mereka.

Namun, kita tidak boleh memeriksanya dengan menempatkan telinga atau pipi kita di dekat mulut korban.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika kita menghubungi nomor darurat, kita harus memberi informasi mengenai kondisi bahwa orang yang tidak sadarkan diri bisa saja menderita Covid-19.

Kita pun harus menjauhkan tangan dari wajah setiap saat, dan jika melakukan CPR, lakukan kompresi dada.

Baca juga: Ada Lansia Pingsan di Depannya, Pria Ini Lepas Masker dan Beri Napas Buatan

"Jika ada risiko infeksi yang dirasakan, kita perlu meletakkan kain atau handuk di atas mulut dan hidung orang tersebut dan mencoba CPR serta defibrilasi dini (mengembalikan normalitas jantung) sampai bantuan datang."

Demikian pernyataan HSE, yang juga menyarankan penggunaan defibrilator eksternal otomatis sesegera mungkin --prosedur yang harus dilakukan responden pertama.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.