Kompas.com - 05/06/2020, 17:54 WIB
Ilustrasi beragam jenis keju. PexelsIlustrasi beragam jenis keju.

KOMPAS.com – Keju termasuk dalam bahan makanan tertua di dunia. Di buat sekitar tahun 8000 SM berdasarkan temuan para arkeolog di beberapa negara. Ada banyak hidangan lezat yang menggunakan keju sebagai salah satu bahannya.

Ada beragam jenis keju di dunia yang dibedakan berdasarkan pengolahan dan lokasi produksinya.

Secara umum ada dua keju di pasaran, yaitu keju segar dan keju olahan. Keju olahan biasanya hanya mengandung beberapa persen keju dan ditambah dengan perasa dan pewarna.

Dari segi rasa dan manfaat tentu saja keju segar yang terbuat dari susu sapi segar lebih unggul.

Tidak hanya itu, keju yang terbuat dari 100 persen susu sapi juga mengandung manfaat kesehatan karena menjadi sumber kalsium, protein, dan vitamin. Namun, harga keju segar pada umumnya lebih mahal.

Baca juga: Cara Penyimpanan Keju yang Tepat Agar Tak Mudah Rusak

Memeringati Hari Keju yang jatuh pada 4 Juni, mari kita berkenalan dengan empat jenis keju segar andalan dari Greenfields:

1. Keju Mozzarella
Salah satu keju segar yang populer di Indonesia. Keju ini sangat nikmat dan mudah ditaburkan di atas berbagai makanan, pizza, dijadikan saus, ditaburkan di atas sup, atau menjadi pasangan roti panggang.

Juga tersedia dalam bentuk yang sudah diparut sehingga praktis dan cepat ditaburkan dalam masakan.

Keju ricotta dari Greenfields.Dok Greenfields Keju ricotta dari Greenfields.

2. Ricotta Chesse
Merupakan keju putih yang murni, segar, creamy dan ringan di setiap bagiannya. Greenfields Ricotta Cheese ini juga memiliki tekstur lembut yang sangat sering digunakan untuk resep masakan Italia. Kandungan protein dan kalsiumnya juga tinggi.

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Stik Keju, Cocok untuk Jadi Camilan di Rumah

Keju camembert.Dok Greenfields Keju camembert.

3. Bocconcini Cheese
Dibuat dengan keju mozzarella segar dan lembut, keju bocconcini konon terinspirasi dari ahli pembuat keju tradisional Italia.

Keju ini juga cocok dijadikan camilan sehat dengan cara diiris tipis dan ditaburkan pada salad.

4. Camembert Cheese
Terbuat dari susu segar yang kaya rasa dan nutrisi, keju Camembert diolah menggunakan kultur bakteri yang spesifik dan kultur jamur Penicillium candidum.

Tidak menggunakan bahan pengawet atau bahan pewarna, cita rasa khas keju segar sangat terasa. Keju ini bisa dinikmati begitu saja dengan roti, biscuit, atau pun salad.

Baca juga: Penting, Berikan Berbagai Asupan Kaya Kalsium untuk Si Kecil

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.